Tuesday 30 May 2017

Mesjid Bersejarah "Mesjid Raya Ganting"


Kota Padang memiliki banyak bangunan bersejarah. Sebagai salah satu daerah yang memiliki muslim terbanyak di Indonesia, Padang Sumatera Barat memiliki bangunan sejarah yang bercorak islam. Salah satu bangunan bukti sejarah islam di Sumatera Barat adalah Mesjid Raya Ganting. Mesjid yang hingga saat ini masif berfungsi menjadi salah satu simbol kejayaan islam di Sumatera Barat khususnya Kota Padang.

Berdiri tahun pada tahun 1805, mesjid ini menyimpan tidak hanya sejarah islam di kota Padang tapi juga sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Pada abat ke-19 presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno pernah mengunsi ke mesjid ini. Pembangunan mesjid ini diprakasai oleh Anggku Gapuak, Angku Syekh Haji Uma dan Angku Syekh Kapalo Koto. Ketiga orang ini merupakan orang yang cukup berpengaruh di masanya. Sedangkan biaya pembangunan mesjid ini diperoleh dari para saudagar dan ulama setempat.

Tidak hanya sebagai bukti sejarah islam dan perjungan di kota Padang, Mesjid Raya Ganting juga menjadi bukti sejarah bencana alam yang pernah menimpa kota Padang. Setidaknya ada tiga bencana gempa besar dan stunami yang pernah terjadi yaitu gempa dan sunami tahun 1833 dan gempa tahun 2005 dan 2009. Di tiga bencana tersebut mesjid ini masih tetap kokoh berdiri hingga sekarang.

Fungsi mesjid tidak hanya sebagai aktivitas ibadah umat islam saja. Selain itu, mesjid ini juga digunakan sebagai sarana pendidikan agama islam. Kegiatan wirid juga rutin diadakan. Beberapa pertemuan penting juga pernah dilakaukan di mesjid ini. Salah satunya adalah Pertemuan Para Ulama tahun 1918 untuk membahas langkah-langkah pemurnian kajian islam. Ada juga kegiatan Jambore Nasional pertaman gerakan kepanduan Muhammaddiyah Hizbul Wathan tahun 1932. Sedangkan pada masa penjajahan Jepang, mesjid ini pernah menjadi markas besar wilayah Sumatera Barat dan Tengah dan tempat pembinaan prajurit Gyugun dan Heiho.
Setelah kemerdekaan, mesjid ini mendapat kehormatan sebagai bukti sejarah. Banyak tokoh-tokoh baik dari Indonesia maupun luarngeri yang mendatangi mesjid ini. Hingga saat ini mesjid Raya Ganting masih berfungsi dengan baik.


Artikel lainnya

  1.  Pacu Kudo
  2. Pahlawan-Pahlawan yang Berasal dari Sumatera Barat 
  3. Pahlawan Wanita dari Sumatera Barat 
  4. Bangunan Bersejarah Di Sawahlunto 
  5. Asal Usul Randai 
  6. Sejarah Berdirinya Mesjid Raya Ganting 
  7. Sejarah Berdirinya Mesjid Raya Ganting 
  8. Harta Pusaka Di Minangkabau dan Pendapat Ulama 
  9. Runtuhnya Kerajaan Pagaruyung 
  10. Foto-Foto Bangunan Bersejarah Di Kota Padang


0 comments:

Post a Comment