Tuesday 16 May 2017

Pesona Kincir Kembar Tiga "Untuk irigasi menjadi wisata"


Melangkahkan kaki ke jorong atau desa Padang Datar di Nagari Simawang, Kecamatan Rambatan kebupaten Tanah datar anda akan menemukan sesuatu yang menabjukan. Berada di sungai Batang Ombilin ada tiga buah kincir air raksasa yang berdiri dengan kokohnya. Kincir air raksasa ini dibangun mulai tahun 2015 untuk mengatasi masalah air bersih di jorong Padang Datar. Butuh waktu kurang lebih 6 bulan untuk menyelesaikan kincir air raksasa ini.

Kincir ini merupakan gagasan dari seorang warga desa yang biasanya dipanggil pak Anwar. Melihat kondisi kampung halamannya yang kesulitan untuk mendapat air bersih maka ia berusaha untuk menemukan solusinya. Berbekal pengalamannya yang pernah belajar ke luar negeri, ia menjadi pelopor untuk membangun kincir raksasa ini.Kondisi geografis nagari yang berada di atas perbukitan, maka kincir air dibuat tinggi sehingga dapat mengalirkan air dari sungai ke atas perbukitan.

Kincir air ini tidak hanya berfungsi sebagai solusi untuk mendapatkan air bersih. Kincir air juga berfungsi untuk menjadi irigasi sawah dan ladang. Kegiatan bertani dan berladang yang biasa dilakukan masyarakat sangat terbantu karena adanya kincir air ini. Mereka tidak perlu lagi harus bersusah payah untuk mengairi sawah dan ladang mereka. Kincir air ini tidak hanya mengatasi kesulitan air bagi jorong Padang Datar tapi juga jorong-jorong lainnya yang ada di kecamatan Rambatan.

Kincir air ini terbuat dari bambu. Agar berdiri kokoh dan kuat tongga utama kincir sengaja dibuat dengan beton cor. Air yang masuk kedalam bambu lalu dialirkan ke dalam bak pemampungan. Dari bak pemampungan inilah ada pipa-pipa kecil untuk mengalirkan air ke jorong. Pembuatannya dilakukan oleh masyarakat setempat secara bersama-sama dan sebagian biaya pembangunan berasal dari masyarakat jorong yang ada di perantauan.

Sekarang ini kincir air raksasa ini tidak hanya berfungsi sebagai irigari air. Banyaknya foto-foto kincir ini yang diposting di media sosial, para pengunjung sering datang ke tempat ini. Mereka berfoto-foto dengan latar kincir air ini. Selain itu, air Batang Ombilin yang jernih di tembah lagi suasana alam yang mempesona menjadikan kicir kembar tiga ini menjadi salah satu objek wisata di Tanah Datar.


0 comments:

Post a Comment