Saturday 20 May 2017

Pesona Ngalau Talago "Surga Tersebunyi di Silokek"


Ngalau Talago sebuah goa yang terdapat di nagari Silokek kebupaten Sijunjung. BErjarak 2 km dari Pasir Putih. JIka dari Muaro  Sijunjung ibukata kabupeten butuh waktu kurang lebih 45 menit. Perjalanan ke Ngalau Talgo ini itu begitu sulit. Dari pulau Andam Dewi pengunjung berjalan kaki kurang lebih 1,5km dengan waktu kurang lebih satu jam. Perlajalanan ini melewati perkebunan masyarakat.

Perjalan tidak akan sia-sia setelah sampai di Ngalau Talago. Di dalam gia terdapat sebuah telaga dengan air yang sangat jernih. Pengunjung juga akan disuguhi dengan pemandangan stalagmit yang berbentuk air terjun di salah satu sudut gua. Pengujung dapat bermain air sepuasnya di telaga. Pesona stalakit dan stalakmit ngalau ini akan membuat pengunjung terkagum-kagum.

Ngalau talagi masih terbilang baru. Masih banyak penduduk setempat yang tidak tahu tempatnya. Jika kesini perlu hati-hati agar tidak nyasar. Sebaiknya jika ingin pergi ke ngalau ini membawa orang yang tahu dengan ngalau talago. Jika sudah berada di ngalau ini jagalah kebersihannya. Sekarang keindahan ngalau sudah dirusak dengan sampah-sampah yang dibawa oleh oleh pengunjung. Tangan-tangan jahil juga sudah mulai mencoret-coret di dinding gua. Keindahan ngalau ini akan terjaga jika pengunjung juga menjaga ngalau ini saat berkunjung.

0 comments:

Post a Comment