Friday 26 May 2017

Balimau "Tradisi menyambut Ramadhan"


"Balimau" kata yang akan sering kita dengar menjelang bulan Ramadhan tiba. Kegiatan ini merupakan kebiasaan yang sudah lama dilakukan oleh masyarakay di Sumatera Barat. Balimau bisa diartikan memberishkan diri untuk menyambuk bulan Ramadhan. Entah sejak kapan kebiasaan ini ada, yang jelas setiap memasuki bulan Ramadhan, masyarakat akan mengunjungi tempat-tempat pemandian untuk mandi.

 Awalnya balimau merupakan ritual mandi dengan menggunkan jeruk nipis dan bunga-bunga. Tempat mandi dilakukan di sungai-sungai. Kegiatan ini dilakukan bersama-sama. Sekarang tradisi balimau masih banyak dilakukan oleh masyarakat Sumatera Barat. Beberapa diantara mereka masih menggunakan jeruk nipis dan bunya-bunga dan mandi dilakukan di sungai-sungai.


Baca juga: Makanan dan Minuman Khas Sumatera Barat

Adapun tujuan tempat balimau yang biasa dikunjungi yaitu tempat-tempat pemandian umum atau sungai-sungai seperti: Pemandian di Lubuk Minturu, Tirta Alami, Pancuran Tujuh, Lubuk hitam dan tempat-tempat wisata air lainnya.

Sekarang tradisi balamau sudah banyak disalah gunakan. Banyak yang melakukan kegiatan yang tak senonoh dan yang dilarang agama. Salah satu penyebabnya adalah bercampurnya tempat mandi antara laki-laki dan perempuan. Selain itu, kurangnya pengawasan dari pihak keamanan di tempat-tempat tersebut. Oleh karena itu, pemerintah sering menghibau untuk tidak melakukan kegiatan ini. Balimau cukup di rumah masing-masing.


0 comments:

Post a Comment