Sunday 8 January 2017

Bentuk-Bentuk Rumah Gadang Part 1

Rumah Gadang yang merupakan rumah adat tradisionak provinsi Sumatera Barat memiliki keunikan di bagian atapnya. Atap rumah gadang merupakan salah satu ciri khas yang membedakan rumah adat ini dengan rumah adat lainnya. Bentuk atap rumah gadang ini memili filosofi tertentu. Dalan ulasan sebelumnya sudah dijelaskan. 

Baca Rumah Adat Orang Minangkabau

Ternyata Rumah Gadang memiliki bentuk yang beraneka ragam. Apa saja bentuk rumah gadang ini dan apa perbedaannya?


1. Rumah Gadang Bapaserak
Rumah gadang ini merupakan rumah gadang yang sudah dikenal banyak orang. Bentuk atapnya mirip dengan tanduk kerbau. Biasanya bangunannya terbuat dari kayu. Sampai saat ini rumah gadang ini masih banyak kita temukan.Di daerah-daerah di kabupaten di Sumatera barat rumah gadang ini masih banyak kita temui sebagai tempat tinggal.

 
2. Rumah Gadang Atap Stasiun
Dinamakan rumah gadang atap stasiun dikarenakan bentuk atapnya menyerupai satsiun. Bangunan rumah gadang ini seni permanen. Di kota Padang rumah gadang ini masih banyak dijumpai sebagai tempat tinggal pribadi.


3. Rumah Gadang Atap Tungkuih Nasi
Atapnya berbentuk tungkuih nasi atau trapesium. Sama halnya dengan rumah gadangatap stasiun, rumah gadang atap tungkuih nasi juga masih banyak kita temui sekarang ini sebagai rumah pribadi. Ada yang semi permanen ada juga yang seluruhnya dari kayu.


4. Rumah Gadang Kajang Padati
Kajang Padati maksunya adalah rumah padati yang menjadi salah satu alat trasportasi orang minang zaman dulu. Bentuk rumah ini sekarang juga banyak ditemui semi permanen dan ada yang digunakan sebagai rumah pribadi atau kantor pemerintahan.
 



Sumber : Koleksi Museum Aditiawarman



→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→

Jangan lupa untuk membaca yang ini:

  1. Mande Rubiah Tokoh Wanita Minangkabau
  2. Bentuk-bentuk Rumah Gadang Part-2
  3. Bentuk-bentuk Rumah Garang Part-1
  4. Mande Rubiah Tokoh Wanita Minangkabau
  5. Sistem Kerabatan Matrilineal Di Minangkabau
  6. Uniknya Adat dan Budaya Pernikahan Di Minangkabau
  7. Rumah Gadang Rumah Adat Orang Minang
  8. Musik dan Budaya Orang Minang
  9. Karupuk Leak Karupuk Kuah Makanan Orang

0 comments:

Post a Comment