Sunday 28 May 2017

Mesjid Raya Sumbar (Sumatera Barat)



Salah satu yang menjadi icon di kota Padang adalah Mesjid Raya Sumatera Barat. Mesjid yang dibanguan akhir tahun 2007 ini merupakan salah satu kebanggaan orang Sumatera Barat. Memiliki gaya arsitektur moderen dan khas Minangkabau terletakdi jalan Khatib Sulaiman Padang. Berdiri megah di atas tanah seluas 40.343 meter persegi dan luas bangunan 4.430 meter persegi dengan tiga lantai.

Pelatakan batu pertama mesjid ini dilakukan oleh Gubernur Sumatera Barat waktu itu yaitu Gamawan Fauzi pada 21 Desember 2007. Pembangunannya terdiri dari empat tahap. Tahap pertama dimulai awal tahun 2008 dan selesai tahun 2010 yaitu menyelesaikan struktur bangunan. Tahap kedua yang dimulai tahun 2010 untuk mengerjakan ruang shalat dan tempat wudu'. Tahap ketiga dimulai tahun 2011 untuk pemasangan keramik lantai dan eksiterior mesjid. Tahap keempat yang dimulai tahun 2012 untuk penyelesaian pembangunan.

Dana yang telah dihabiskan kurang lebih Rp 175 miliar. Pembangunan mesjid ini sempat terhenti selama setahuan pada tahun 2013. Hal ini dikarenakan ketiadaan anggaran dari provinsi. Dana pembangunan mesjid ini tidak hanya dari pemerintahan saja, tetapi juga sumbangan dari masyarakat di Sumatera Barat, perantau Minang dan dana bantuan dari pihak lain bahkan ada dana bantuan dari Arab Saudi.

Mesjid ini berfungsi dimulai akhir tahun 2013 dan pada tanggal 7 Februari 2014 secara rutin Mesjid Raya Sumatera Barat memulai salat Jumat rutin. Selain kegiatan salat Jumat, mesjid ini juga menyelengggarakan acara lainnya seperti Wirid dan kegiatan agama lainnya. Selain tempat ibadah mesjid ini juga berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan lainnya. Pada tahun 2017, kegiatan Padang Book Fair dilaksanakan di mesjid ini tepatnya di lantai dasar yang merupakan tempat untuk penyelenggaraan kegiatan-kegiatan.


Sejak dibukanya mesjid ini, banyak pengunjung yang datang berkunjung. Ada yang hanya sekedar berkunjung dan ada juga yang untuk beribadah dan serta kegiatan keagaamaan lainnya. Sampai sekarang tahap penyelesaian pembangunan masih berjalanjut terutama pembangunan taman mesjid.


0 comments:

Post a Comment