Thursday 1 June 2017

Adat dan Budaya Orang Minang di Bulan Ramadhan

Setiap daearah di Indonesia memiliki tradisi-tradisi terseni diri pada bulan Ramdhan. Tradisi ini sesuai dengan kebudayaan masing-masing daerah. Mau tahu tradisi apa saja yang dilakukan oleh orang Minang pada bulan Ramadhan? Yuks intip di bawah ini:


1. Ziarah Kubur

Ziarah kubur ini biasanya dilakukan oleh keluarga yang anggota keluarganya sudah meninggal. Dilakukan sehari sebelum bulan Ramadhan. Tujuannya untuk mendoakan anggota keluarga yang telah meninggal. Kegiatan yang biasa dilakukan adalah bersih-bersih makan dan berdoa.

2. Balimau

Jika mendengar kata Balimau maka orang akan teringat dengan mandi dan membersihkan diri. Biasanya kegiatan ini dilakukan di sungai-sungai yang besar dan mandi-mandi. Dulu balimau merupakan kegiakan mandi dengan menggunkan jeruk nipis dan bunga-bunga. Sekarang kegiatan mendi dengan jeruk nipis sudah jarang dilakukan. Masyarakat hanya sekedar mandi-mandi saja. Kegiatan ini dilakukan sehari menjelang bulan Ramdhan.


3. Manjalang Mintuo

Manjalang mintuo merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perempuan Minang yang telah memiliki suami. Kegiatan ini berupa mengunjungi mintuo (mertua) dengan membawa buah tangan. Jika mereka adalah pengantin baru maka buah tangan yang dibawa tidak hanya untuk mertua saja tetapi juga untuk keluarga lain di pihak laki-laki. salah satu makanan wajib dibawa adalah lemang. Kegiatan ini biasanya dilakukan sebelum bulan Ramadhan atau awal Ramadhan.



4. Maantaan Pabukoan

Maantaan Pabukoaan tak jauh beda dengan manjalang mintuo. Biasanya dilakukan oleh pihak perempuan. Jika merekaadalah pasangan pengantin baru, pabukoaan yang diantar tidak hanya satu tapi kepada seluruh keluarga besar pihak laki-laki. Biasanya dibawa dengan menggunkan sia (rantang). Isinya berupa samba (lauk pauk) dan pabukoan seperti agar-agar dan lainnya.


0 comments:

Post a Comment