Saturday 8 April 2017

Festival Siti Nurbaya 2017













Salah satu event yang banyak di tunggu-tunggu oleh masyarakat kota padang adalah Festival Siti Nurbaya. Untuk tahun 2017 festival akan diadakan pada 13-16 April di 3 tempat yaitu Taman Muaro Lasak di Pantai Padang, Hotel Ibis dan sekitar Jembatan Siti Nurbaya, Muaro Padang. Rangkaian acara festival tentu berhubungan dengan seni dan budaya orang Minang.

Ada banyak lomba yang bisa diikuti. Untuk tahun ini lomba yang akan diadakan diantaranya: Lomba Malamang (Memasak Lemang), Lomba memakai sandal tempurung, lomba menggiling cabai, lomba pidato, lomba sipak rago atau takrau, lomba baca puisi, lomba tari minang, lomba lagu minang dan berbagai lomba lainya. Lomba akan diikuti oleh pemuda-pemudidari berbagaiorganisasi, pelajar, mahasiswa dan masyarakat kota Padang.

Salah satu lomba yang akan menarik perhatian adalah "Lomba baju kurunga Basimba (Baju khas orang Minang)". Lomba ini akan memecahkan rekor MURI. Kegiatan ini akan diadakan Taman Muaro Lasak, Pantai Padang. Acara ini akan menjadi karnaval bagu kurung.

Pembukaan Festival Siti Nurbaya akan diadakan tanggal 13 April 2017 di salah satu objek wisata kota Padang yaitu di Jembatan Siti Nurbaya. Penutupan dilakukan tanggal 16 April 2017 di Taman Muaro Lasak, Pantai Padang.

Kegiatan ini merupakan salah satu agenda kota Padang. Festival Siti Nurbaya pertama kali diadakan tahun 2010. Tujuannya tidak hnya untuk menarik wisatawan berkunjung ke kota Padang. Tujuan yang utama adalah untuk meningkatkan kreatifitas pemuda dan pemudi kota Padang sekaligus sebagai pengenal dan pelestaria seni dan budaya Minangkabau di kota Padang.Acara ini diadakan oleh pemerintahan kota Padang berkerja sama dengan disa kebudayaan dan pariwisata kota Padang.

Diharapkan ajang ini terus dilaksanakan, sehingga pemuda dan pemudi padang semakin cinta dengan budayanya. Selaian itu dapat meningkatkan kreatifitas masyarakat.

0 comments:

Post a Comment