Friday 14 April 2017

Aliran Pencak Silat Minangkabau


Pencak silat merupakan salah satu ilmu bela diri yang berasal dari Minangkabau. Gerakan pencak silat yang lambat tapi pasti menjadi ciri khasnya. Sekarang ini seni ilmu bela diri ini tidak hanya terkenal di darahnya tetapi sudah sampai ke mancanegara. Bahkan Pencak Silat termasuk cabang ilmu bela diri yang diperlombakan tingkat internasional. 

Baca juga Pencak Silat Seni Beladiri Mendunia Asli Minangkabau

Di Minangkabau sendiri pencak silat memiliki banyak aliran. Perbedaan aliran ini terletak pada gerak dalam seni ilmu bela diri pencak silat. Aliran-aliran ini, yaitu:
  • Silek Tuo ( Silat Tua)
Ada dua pandangan mengapa silek ini dinamakan dengan silek tuo. Padangan pertama adalah silat ini merupakan silek tertua atau yang pertama kali di Minangkabau. Padangan yang kedua adalah silek tua berasal dari seorang yang bernama Tuanku Nan Tuo. Silek ini lahir di salah satu daerah tertua di Sumatera Barat, yaitu Desa Pariangan yang terletak di kabupaten Agam. Gerakan silek tuo terinspirasi dari gerakan binatang harimau. Prinsip yang digunakan adalah "Tangkis jurus satu, Serang jurus dua", maksudnya tidak boleh memuli perkelahian dan jika diserang musuh baru menyerang.

  • Silek Kumango
Dinamakan silek kumango karena aliran silek ini dikembangkan di nagari Kumango, Batusangkar kabupaten Tanah Datar. Silet ini dikembangkan oleh seorang yang bernama Syeikh Kumango. Jenis bela diri ini merupakan perpaduan antara tarekat dan penyempurnaan dari silek yang sebelumnya. Jurus yang paling memati di si lek kumango adalah "kuciang kamanga". Aliran silek ini sangat terkenal. Selain itu jenis aliran ini juga disesuaikan dengan pada ajaran-ajaran islam.
  • Silek Harimau
Aliran silek harumau yang terkenal sekarang adalah Silek Harimau Singgalang. Aliran silek ini didirikan oleh Pak Syofyan yang berasal dari Pesisir Selatan tapi besar dan tinggal di Kerinci. Gerakan silek ini lebih menekankan pada permainan bawah. Garakan-geraknnya terinspirasi dari gerakan harimau yang cepat dan mematikan. Ciri khas dari gerakan silek harimau terlihat dari tangannya yang terlihat seperti cakar harimau. 
  • Silek Sitaralak
Gerakan silek sitaralak di kembangkan oleh Ulud Bagindo Chatib yang berasal dari Kamang Kabupaten Agam. Tetapi aliran silek ini berkembang di Payahkumbuh. Aliran silek sitaralak termasuk ke dalam aliran silek keras dan kuat di Minangkabau. Kabar yang terdengar aliran silek ini dibuat untuk menghadapi gerakan aliran silek tuo. Oleh sebab itu gerakan silek ini terinspirasi dari gerakan silek tuo.
  • Silek Pauh
Aliran silek ini berasal daru Pauah (apuh) Kota Padang. Gerakan silat meruapkan kombinasi dari seluruh gerakan silat ayang ada di Minangkabau. Aliran silek Pauh merupakan aliran silek yang termuda di Minangkabau.
  • Silek Luncua (Luancur)
Silek luncua berasal dari daerah Alam Surambi Sungai Pagu, kabupaten Solok yang dikembangkan oleh Pakiah Rabun. 


0 comments:

Post a Comment