Tuesday 18 April 2017

Baju Kurung "Pakaian Tradisonal Minangkabau"






Baju kurung merupakan salah saju pakaian yang banyak digunakan oleh berbagai suku. Baju ini tidak hanya menjadi simbol bagi perumpuan di sebagian daerah di Indonesia tetapi juga di beberapa Negara seperti Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam dan Thailand bagian Selatan. Di Indonesia, salah sau daeran yang menjadikan baju kurung sebagai pakai pakaian daerahnya adalah Sumatera Barat.

Di Minangkabau atau Sumatera Barat Pakaian tradisonal ini lebih dikenal dengan "Baju Kurung Basiba". Kata "basiba" berasal dari tiga tanda jahitan yang beawal dari ujung ketiak wanita yang dikasih pita (bis) sesuai warna baju dan ditambah lagi dengan lipatan yang indah sebagai penghiyas baju di bagian roknya. Baju kurung basiba ini biasanya terlihat longgar, tidak bersaku dan panjangnya di bawah lutut. Perempuan yang memakai baju kurung ini biasanya dipakai oleh Bundo Kaduang. 

Panganten Minangkabau (anak daro) juga menggunkan pakaian baju kurung. Hanya saja bahan yang digunakan berbeda dengan bahan baju kurung yang digunakan sehari-hari. Warna yang digunakan juga lebih mencolok dan terang. Baju kurung ini dihiyasi dengan ragam hiasan bahkan ada yang mengunakan benang emas.

Baju kurung yang dipakai orang Minang biasanya dengan lenggan panjang sampai pergelangan tangan, menggunakan selendang untuk menutup kepala dan memakai kain sarung (kain jao atau kain songket). Sekarang ini baju kurung tidak hanya di pakai pada acara-acara adat. Baju kurung juga dipakai untuk ke kantor bahkan sekolah-sekolah di Sumatera Barat mewajibkan memakai pakaian ini pada hari Jumat.


Baju kurung memiliki banyak makna. Makna utama dari baju kurung adalah memiliki sifat sosial dan demokrasi dari pemakainya. sifat sosial dan demokrasi yang dimaksud adalah sifat sosial dan demokrasi yang sesuai dengan dalam aturan adat dan sesuai dengan semboyan "adat basandi syarak, syarak basandi kotabullah).


sumber: http://jhonisimanual.blospot.com/2015/05/pakaian-tradisional-minangkabau-umum.html



0 comments:

Post a Comment