Saturday 25 February 2017

Daftar Makanan Khas dari Minangkabau yang Wajib Kamu ketahui

Sumatera Barat selain terkenal dengan wisatanya, makanannya juga banyak disukai. Rendang yang menjadi makanan paling enak didunia merupakan makan asli Sumatera Barat. Daerah yang terkenal dengan sebutan orang Padang atau orang Minang memiliki jenis makan selain rendang.


1. Rendang
Berbahan dasar daging yang diolah dengan bumbu rempah-rempah dan dimasak sangat lama. Di Sumatera Barat sendiri, rendang memiliki cita ra berbeda disetiap daerah.

2. Goreng Belut Lado Hijau















Goreng belut dengan lado hijau yang enak ada di rumah makan yang terletak di Surian Jalan Raya Padang Solok Selatan kabupaten Solok Selatan. Biasanya jika naik travel ke kerinci dan sekitarnya, sopir akan berhenti sejak di rumah makan ini untuk beristirahat. Makanan ini cukup sulit untk dicari.

3. Goreng Bilih
Bilih adalah sejenis ikan yang hanya ada di danau Singkarak. Sekarang olahan ikan bilih sudah dapat ditemukan hampir diseluruh tempat di Sumatera Barat. Menurut penelitian ikan ini memiliki nilai gizi yang tinggi. Jika ingin makan olahan ikan bilih segar cukup datang saja ke danau Singkarak. Rumah makan disekitar danau banyak menyediakan goreng ikan ini.


4. Pangek Masin/ Gulai Kuning

















Makanan yang satu ini hampir di seluruh rumah makan bisa ditemukan. Ikan yang digunakan boleh ikan apa saja. Cita rasa gulai ini akan berbeda tiap daerah tepi tetap enak. Yang paling dicara biasanya adalah gulai kuning kepala ikan. Daeah yang terkenal enak dengan gulai kuning adalah, Kota Padang dan Pariaman sekitarnya. Disini yang paling dicari adalah gulai kuning ikan karang.

5. Tambusu/ Gulai usus












Masakan ini cukup diminati oleh pencinta makanan Minang. Usus yang digunakan adalah usus sapi atau kerbau. Usus diisi dengan campuran tahu dan telur. Jika ingin mencobanya cukup tanyakan saja di rumah makan padang. Gulai ini cukup mudah untuk ditemukan.

6. Itik Lado Hijau
Itik lado hijau adalah bebek yang diolah dengan bumbu dan cabe hijau. Masakan ini cukup sulit ditemukan. Jika ingin mencobanya, itik lado hijau yang terkenal berasal dari Batusangkar dan Agam. 

7. Samba Lado

Siapa yang tidak kenal dengan samba lado. Berbahan dasar cebe yang dicampur dengan bawang dan tomat, memberikan sensasi pedas yang bikin ketagihan. Sambal ini cocok jadi teman lauk apapun. Jika kita buat sendiri, tingkat kepedasanya bisa kita tentukan. Cukup dengan mengurangi cabe dan menambahkan tomat, maka tingkat kepedasannya akan berkurang.

8.Goreng Rinuk
Goreng rinuk hanya bisa ditemukan di sekitar danau Maninjau. Rinuk adalah sejenis ikan kecil sebesar teri nilon. Tapi rinuk bukan ikan kering. Rasanya cukup unik dan enak. Jika ke Maninjau tidak ada salah untuk mencoba masakan satu ini.

9. Nasi Sek

















Nasi sek hanya dapat ditemukan di Pantai Gondoriah Padang. Nasi ini sudah di patenkan oleh pemerintan Pariaman dan tidak boleh di bawa keluar dari pariaman. Nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan bebentuk kerucut ini memilik rasa yang enak.

10. Nasi Kapau
Nasi kapau  berasal dari daerah Agam dan sekitarnya. Jika ingin mencoba cita rasa nasi kapau yang asli cukup datang saja ke Bukittinggi. Di dekat Jam Gadang ada tempat khusus untuk menjual nasi Kapau. Pengunjung bebas memilih warung yang disukai.

0 comments:

Post a Comment