Thursday 9 February 2017

Danau Biru " Danau Bekas Galian Tambang" Di Sawahlunto













Sumatera Barat memiliki segudang keunikan dan hal-hal menarik lainnya. Jika kita mengekplornya akan banyak cerita yang akan ditemukan. Salah satu dari sekian banyak hal unik dan manarik itu adalah "Danau Biru" yang ada di Sawahlunto. Akan ada beberapa poin yang akan membuat kita takum dan tercengan. Dinalik keindahannya ada sebuah certa menarik yang patut diketahui.

Danau biru ini terletak di Parambahan, kota Sawahlunto yang berjarak kurang lebih 13 km dari pusat kota Sawahlunto. Jika dari koa Padang akan membutuhkan waktu kurang lebih 5-6 jam perjalanan. Tapi tenang saja selama diperjalanan anda akan disuguhi dengan keindahan alam Sumatera Barat yang luar biasa.

Fakta unik tentang danau biru adalah danau ini merupakan danau buatan. Bisa dikatakan disengaja atau tidak disengaja. Sebalum menjadi danau daerah ini merupakan tempat penggalian barang tambang batu bara. Yups, Sawahlunto yang terkenal dengan batu baranya  berasal dari daerah ini. Danau biru merupakan bekas galian tambang yang tidak dipakai lagi. Itulah alasannya kenapa dikatakan segaja dibuat, karena daerah ini segaja digali untuk mendapatkan batu baranya. Dan kenapa dikatakan tidak sengaja karena bekas galian yang tidak perpakai ini diisi air secara alami yang samakin lama semakin banyak sehingga membentuk danau seperti sekarang. Airnya yang bersih dan biru menjadi daya tarik bagi danau buatan ini.

Danau biru sebenarnya bukanlah tempat wisata, dikarenakan foto-foto danau ini tersebar didunia maya membuat tempat ini semakin ramai dikunjungi. Namun sampai sekarang kawasan sekitar danau merupakan daerah tambang yang masih aktif milik PT. AICJ. Disarankan jika ingin ke danau untuk ekstra hati-hati apalagi medan yang ditempuh merupakan jalan berbatuan yang tajam. Bahkan pihak PT sendiri tidak menyarankan untuk mendekati danau karena disekitar danau masih ada aktivitas pertambangan yang dapat membahayakan pengunjung.

Terlepas dari itu semua, danau biru merupakan salah satu tempat yang indah yang mengagunkan di Salwahlunto. Menjadikan bekas galian tambang menjadi danau merupakan salah satu alternatif untuk menghidupkan kembali daerah tambang yang tak berfungsi lagi. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sekarang ini banyak bekas galian tambang yang diabaikan begitu saja. Kegersangan dan ketandusan bekas galian tambang tidaklah baik untuk bumi kita. Menghidupakan kembali dan memberi nilai kepada bekas galian tambang merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan bumi ini.

0 comments:

Post a Comment