Sunday 5 February 2017

Keunikan Pakaian Adat Minangkabau

Banyak hal unik dan menarik yang akan kita temukan jika menyelusuri dan mempelajari budaya Minangkabau. Muai dari alamnya, kebiasayaan masyarakat, perilaku, bangunan bahkan pakaiannya. Dalam hal pakaian, masyarakat Minangkabau memiliki model dan desain pakaian yang unik terutama untuk pakaian adat.

Dibeberapa daerah di Minangkabau memiliki model pakaian adat yang berbeda-beda. Walaupun berbeda, mereka tetap mengaku sebaia adat dan budaya Minangkabau. 

Yuks kita intip. Siapa tahu tertarik dan memberikan inspirasi.

1.

Model pakaian adat ini berasal dari daerah Agam dan sekitarnya. Ini adalah pakaian Bundo Kanduang yang dipakai di acara tertentu.

2.
Inilah pakaian adat Minangkabau yang banyak diketahui. Ini merupakan pakaian pengantin orang Minangkabau. Jika diperhatikan, "Sunting" atau hiasan yang ada dikepala akan terlihat berbeda daerah satu dengan daerah lainnya di Minangkabau. Biasanya untuk daerah pesisir (Kota Padang, Pesisir Selatan, Pariaman dan Padang Pariaman) memiliki sunting yang lebih tingi.

3.

Pakaian adat ini lebih banyak digunakan di daerah solok, solok selatan dan sekitarnya. Hiasan kepala untuk perempuan berbentuk tanduk kerbau yang menjadi ciri khas Minangkabau.

4.

Pakaian adat ini merupakan salah satu pakaian adat yang ada di daerah Batusangkar. Hiasan kepala berbentuk tanduk kerbau tapi bertingkat dua, juga melambangkan ciri khas Minangkabau.


Baca juga artikel berikut ini

1. Pariangan Desa Tertua Penuh Sejarah Dan Pesona Keindahannya
2. Danau yang Tersembunyi "Danau Laut Tinggal" Pasaman
3. Kerajan-Kerajaan yang Pernah ada Di Sumatera Barat Part 1
4. Legenda Danau Kembar Sumatera Barat
5. "Air Terjun Lubuk Batang" Pesona Keindahan yang Tersebunyi Di 50 Kota
6. Keunikan Pakaian Ada tMinangkabau
7. Air Terjun Lubuk Batu Bulan
8. Budaya Mentawai Tato Tertua Di Dunia
9. Kerajan-Kerajaan yang Pernah ada Di Sumatera Barat Part 2

0 comments:

Post a Comment