Friday 17 February 2017

7 Universitas dan Sekolah Tinggi Negeri yang ada Di Sumatera Barat













Pertengan tahun ini, sebagian pelajar akan menyelesaikan pendidikan tingkan atasnya. Pelajar ini banyak yang mempunyai keinginan untuk melanjutkan pendidikannya. Bingung mau kuliah dimana? Pesona Minang akan membagikan beberapa kampus yang berstatus negeri di Sumatera Barat.

1. Universitas Negeri Padang











Universitas Negeri Padang atau yang lebih dikenal dengan UPN merupakan salah satu Universitas yang tertua dan terbaik di Sumatera. Universitas ini berdiri tahun 1954 dengan nama Institut Keguruan Ilmu Pendidikan Padang (IKIP Padang). UNP memiliki 8 fakultas yaitu 1) Fakultas Ilmu Pendidikan, 2) Fakultas Bahasa dan Seni, 3) Fakultas Matematika dan IPA, 4) Fakultas Ilmu Sosial, 5) Fakultas Teknik, 6) Fakultas Ilmu Keolahragaan, 7) Fakultas Ekonomi dan 8) Fakultas Pariwisata dan Perhotelan yang menjadi fakultas terbaru. Dengan memiliki 8 fakultas UNP memiliki. Memiliki lebih dari 100 jurusan dan program studi pilihan dan menampulng lebih dari 30.000 orang mahasiswa. Lokasi kampus tersebar dibeberapa wilayah diantara, Bukittinggi, Limau manis, Gadut dan Air Tawar. Kampus berpusat di Air Tawar Padang. Dengan jenjang pendidikan yang dimiliki adalah Diploma, Sarjana, Master dan Doktor.

2. Universitas Andalas
Universitas Andalas atau yang lebih dikenal dengan UNAND didirikan tahun 1959 dan diresmikan oleh wakil preseden Indonesia saat itu yaitu Muhammad Hatta. UNAND juga merupakan salah satu universitas tertua yang ada di pulau Sumatera.Memiliki 15 fakultas yaitu 1) Fakultas Pertanian, 2) Fakultas Kedokteran, 3) Fakultas Hukum, 4) Fakultas Matematikan dan IPA, 5) Fakultas Ekonomi, 6) Fakultas Peternakan, 8) FakultasIlmu Budaya, 9) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, 10) FakultasTeknologi Pertanian 11) Fakultas Keperawatan, 12) Fakultas Kesehatan Masyarakat, 13) Fakultas Teknik Informasi, 14) Teknik, dan 15) Kedokeran Gigi. Dengan 15 fakultas yang dimiliki UNAND memiliki banyak pilihan jurusan yang ditawarkan. Lokasi kampus juga berada di beberapa tempat diantranya Payahkumbuh, Jati, Limau Manis dan lainya. Pusat kegiatan berda di Limau Manis Padang. Jenjang pendidikan yang dimiliki adalah Diploma, Sarjana, Master dan Doktor.

3. Institut Seni Indonesia
Institut Seni Indonesia tau ISI berdiri tahun 1965 dengan mengalami 3 kali perubahan nama yaitu ASKI Padang panjang menjadi STIS Padang Panjang dan pada tahun 2010 berubah menjadi ISI Padang Panjang. Memiliki 2 Fakultas yaitu fakultas Seni Pertunjukan dan fakultas Seni Rupa dan Desain. Dari dua fakultas itu ada kurang lebih 10 jurusan dan program studi yang dapat dijadikan pilihan. Lokasi kampus di Kota Padang Panjang. Dengan jenjang pendidikan yang dimiliki adalah Diploma, Sarjana dan Master.

4. Isntitut Agama Islam Negeri Imam Bonjol Padang
Satu-satunya sekolah tinggi negeri yang bernuansa islam di Padang adalah IAIN Imam Bonjol Padang. Berdiri tahun  1966. IAIN Imam Bonjol Padang memiliki 5 fakultas yaitu, 1) Fakultas Adap, 2) Fakultas Syariah, 3) Fakultas Tarbiyah, 4) Fakultas Dakwah dan 5) Fakultas Ushuludin. IAIN Imam Banjol Padang juga memberikan pilihan kepada calon mahasiswanya untuk memilih jurusan umum seperti bahasa inggris, matimatika, dan lainnya. Lokasi kampus di Lubuk Lintah Padang. Jenjang pendidikan yang dimiliki adalah Diploma, Sarjana, Master dan Doktor.

5. Politeknik ATI Padang
Salah satu Sekolah tinggi di bawah naungan kementrian peridustrian adalah Politeknik ATI Padang. Berdiri tahun 1976 dan berubah nama menjadi Politeknik ATI Padang pada tahun 2010. Program studi yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa diantaranya Program studi manajemen logistik industri argo, teknik industri argo, teknik kimia bahan nabati dan analisis kimia. Lokasi kampus di Tabing, Kota Padang. Jenjang pendidikannya adalah Diploma.

6. Politeknik Kesehatan Padang
Politekes Kesehatan Padang atau Poltekes) berdiri tahun 2002 dari gabungan 6 akademi kesehatan yang ada di Sumatera Barat. Saat ini Poltekes Padang memiliki 5 jurusan yaitu, 1) Kesehatan lingkungan, 2) Gizi, 3) Keperawatan, 4) Kebidanan dan 5) Keperawatan. Jenjang pendidikannya adalah Diploma dan Sarjana.

7. Universitas Terbuka
Diresmikan pada tahun 1984. Memiliki kampus di seluruh Indonesia. Kantor pusat di Sumatera Barat berada di Jl. Bay Pass Padang. Memiliki 4 fakultas yaitu 1) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, 2) Fakultas Matamatikan dan IPA, 3) Fakultas Ekonomi, dan 5) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.  Sistem pembelajaran yang diterapkan UT adalah pembelajaran jarak jauh.



sumber:
1. http://www.unp.ac.id
2. http://www.unand.ac.id
3. http://www.poltekespadang.ac.id
4. http://www.poltekatipdg.ac.id
5. http://www.ut.ac.id
6. http://www.iainimambonjol.ac.id
7. http://www.isi-padangpajang.ac.id


⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎⇎

0 comments:

Post a Comment