Thursday 23 February 2017

Pesona Pulau Panjang Pasaman Barat



Pasaman Barat selama ubu hanya terkenal dengan kebun sawitnya. Tidak banyak yang tahu ternyata menyimpan segundang oesona yang memukau. Memang daerah ini belum terlalu banyak mengeksplor tempat-tempat mempesonanya. Salah satu yang Pesona Minang eksplor kali ini adalah Pulau Punjung Pasam Barat.



Pulau punjung merupakan satu-satunya pulau yang berpehuni di Pasaman Barat. Terletak di Nagari Air Bangih, kecamatan Sungai Beremas, kabupaten Pasaman Barat. Jika dari kota Padang butuh waktu kurang lebih 8 jam untuk sampai ke Pulau Panjang. Teapi tenang saja, di pulau ini sudah menyediakan penginapan. Karena pulau ini sudah memiliki penduduk maka tidak perlu khawatir untuk tinggal. Masyarakat disini cukup ramah kepada pengunjung.Sekedar informasi, jumlah penduduk di pulau ini kurang lebih 980 jiwa.

Kabarnya pulaui ini sudah dihuni sejak tahun 1700 oleh Datuak Sampono dan keluarganya. Keluarga ini berasal dari Padang Panjang dan melarikan diri ke pulau Panjang untuk bersembunyi dari penjajah saat itu. Selain itu, kekayaan alam yang dimiliki oleh pulau ini menjadikan pulau panjang tempat peristirahatan bagi saudagar Hindia Belanda.














Pulau Panjang memiliki luas 220 Ha. Memiliki pesona yang menabjukan. Bagi pencinta snorkeling dan diving, alam bawah laun daerah ini akan memberikan pesona yang mempesona. Terumbu karang yang masih asri dan kumpulan ikan-ikan yang bereneka ragam akan membuat pengunjung betah berlama-lama di dalam laut. Air lautnya yang berwarna biru menandakan airnya yang jernih. Suasana alam bawah laut di sekitar pulau memang masih terjaga dengan baik sampai sekarang.

Lelah setelah berdiving dan snorkeling, saatnya melepaskan penat di tepi pantai. Beristirahat dan memanjakan diri dengan menikmati keindahan alam dengan ditemani air kelapa muda yang tumbuh banyak di pulau ini. Atau menikmati keindahan Sunset yang tenggelam di Samudra Hindia yang luas akan memberikan kenangan tersendiri bagi pengunjung. Ditemani dengan pantai yang berwarna putih. Disamping itu, pengunjung dapat mengeliling pulau dan melihat keseharian masyarakat disini. Berbaur dengan masyarakat sekitar seolah-olah menjadi bagian dari mereka, akan membuat pengunjung merasakan damainya tinggal disini.

Khawatir dengan bencana gempa dan badai yang sering terjadi di sepanjang pantai barat Sumatera? Tenang saja. Diulau ini sudah ada sebuah shater alam. Sebuah bukit dengan ketinggian 100m dari permukaan laut dan merupakan satu-satunya bukit yang ada di pulau ini.Di pulau Panjang juga sudah di bangun Pos Pol Air dan beberapa fasilitas lainnya yang akan membuat pengunjung nyaman. 

So Guy kurang apalagi.Ayo berkunjung ke Pulau Panjang.

0 comments:

Post a Comment