Monday 27 February 2017

Mentawai "Surganya Peselancar Dunia"












Satu lagi yang kita bangga dari Sumatera Barat adalah Kepulauan Mentawai. satu-satunya kabupaten yang terdiri dari kupulau pulau-pulau di Sumatera Barat ini dan langsung berbatasan dengan Samudra Hindia merupakan salah satu spto terbaik tingkat dunia untuk surfing. Memiliki ombak tertinggi di dunia menjadikan kepulauan Mentawai diburu oleh para peselancar. 













Kepulauan Mentawai memiliki 3 pulau besar yaitu, Seberut, Siporan dan Pagai. Selain itu juga terdapat ratusan pulau-pulau kecil lainnya. Potensi yang dimiliki Kepulauan Mentawai tidak hanya di perairan saja. alam Kepulauan Mentawai cukup lengkap, mulai dari pegunungan, gunung, ratusan flora dan fauna, air terjun, danau dan lain sebagainya. Selain itu, Kepulauan Mentawai juga merupaka surga bagi para pemancinng.

Salah satu alasan Kepulauan Mentawai mejadi primadona wisatawan untuk surfing karena memiliki banyak titik spot surfing. Lebih dari 300 titik spot dengan ombak terbaik dan 70 dinatara memilki ombak kelas dunia. Ketinggian ombak di kepulauan Mentawai bisa mencapai 7 meter. Keadaan ini menjadikan kepulauan Mentawai menepati urutan ketiga setelah Hawaii dan Taiti oleh Surfing Magazin Australia.

Pulau-pulau yang memiliki titik spot terbaik diantaranya pulau Nyang-Nyang yaitu Karang Bajat, Karoniki, Pananggelat dan Mainuk. Pulau Siberut di Kateil Basua, pulau Pagai dan pulau Sikakap. Tiap tahunya kepulauan Mentawai dijadikan tempat event Kejuaran Selancar Dunia yang dilaksanakan pada bulan Agustus. Event ini banyak diikuti oleh peselancar dunia. Dukungan besar pemerintah Mentawai menjadikan Mentawai semakin dikenal oleh dunia Internasional.

0 comments:

Post a Comment