Saturday 11 March 2017

Seni dan Budaya Minangkabau "Rabab"















Rabab merupakan salah satu bentuk kesenian yang ada di Minangkabau.Rababmerujuk kepada alat musik yang digunakan untuk mengiringi kaba. Di MInangkabau sendiri kaba merupakan tulisan yang berirama seperti pantun yang berisi tentang kisah-kisah yang terjadi. Dalam buku Pengantar Sastra Rakyat Minangkabau "kaba terdiri dari dua macam yaitu kaba lama dan kaba baru. Kaba lama berisi cerita tentang kejadian di masa lalu dan kaba baru berisikan cerita pada masa saat ini. Sekarang bakaba yang diiringi musik rabab ini disebut dengan "Barabab atau Rabab".

Kesenian Rabab hambir tersebar diseluruh daearah di Sumatera Barat. Ada rabab Pariaman, rabab Darek dan yang paling terkenal adalah "Rabab Pasisie". Kesenian ini telah berlangsung lama bagi masyarakat pesisir selatan. Kaba yang disampaikan bermacam-macam. Alat musik untuk mengiringi kaba tidak hanya rabab tetapi ada alat musik lainnya seperti gendang dan lainnya. Orang yang memainkan Rabab di sebut dengan "Tukang Rabab".

Sekarang pertunjukan kesenian rabab sering dijumpai pada pasta perkawinan. Biasanya rabab di pentaskan pada malam hari hingga subuh. Selain itu kesenian rabab juga diadakan pada acara-cara tertentu tidak hanya di Sumatera Barat saja, tetapi pertunjukan rabab juga sudah sampai ke mancanegara. Penampilan rabab sendiri berbeda-beda sesuai dengan orang yang memainkannya, apalagi dalam penyampaian kaba dilakukan secara lisan. Dalam penampilan kesenian rabab memiliki unsur-unsur kesenian dan pendidikan.  



Di bawah ini adalah salah satu contoh seni pertunjukan rabab.

0 comments:

Post a Comment