Monday 27 March 2017

Pesona Aia Tigo Raso Manijau














Maninjau tidak hanya menyimpan pesona keindahan danau Maninjausaja. Masih banyak tempat yang unik-unik di sekitar Maninjau. Salah satu yang unik adalah objek wisata "Aia Tigo Raso" (Air Tiga Rasa).
Objek ini sudah lama ditemukan tapi masih banyak masyarakat yang tahu tentang aia tigo raso.

Terletak diagari Koto Malintang, kecamatan Tanjung Raya Maninjau, tidak jauh dari PLTA Muko-Muko. Dari jalan raya Lubuk Basung-Bukittinggi hanya berjarak 20 meter. Letak sumber air ini berada di kawasan pemukiman penduduk. Jika dari Lubuk Basung sebelum PLTA Muko-Muko. Di tepi jalan akan ditemukan plang yang bertulisan "Aia Tigo Raso".

Aia tigo raso merupakan sumber mata air. sumber mata air ini sudah dibuatkan kolam-kolam agar pengunjung mudah menemukannya. Dinamakan air tigo raso karena sumber mata air ini memiliki tiga rasa yang berbeda. Yang pertama memiliki rasa manis, yang kedua memiliki rasa agak sepat atau pahit dan yang ketiga memiliki rasa asam. Walaupun memiliki tiga rasa yang berbeda sumber mata air ini mesih berwarna bening dan jernih.

Air tiga raso ditemukan tahun 1970 oleh seorang pengunjung. Ia menemukan sumber mata air ini tampa disengaja. Karena memiliki rasa yang berbeda, sekarang masyarakat sekitar banyak yang berkunjung. Bahkan salah satu universita telah melakukan penelitian terhadap sumber mata air ini, Dari hasil penelitian, sumber mata air ini bangus untuk mengobati beberapa penyakit. Bahkan turis-turis ada yang beranggapan kalau sumber mataair tigo raso ini dapat membuat awet muda. Percaya atau tidak itu terserah anda yang menilainya.



0 comments:

Post a Comment