Wednesday 29 March 2017

Bangunan Bersejarah di Sawahlunto













Kota wasahlunto memang banyak terdapat bangunan tua dan bersejarah. Kota yang terkenal kota Tmabang di Sumatera Barat ini merupakan salah satu tempat tujuan penjajah karena barang tambangnya. Mau tahu bangun bersejarah apa saja yang ada di Sawahlunto? Yuks simak ulasan berikut ini.

1. Gedung PT Bukit Asam












Gedung inimerupakan salah satu bangunan bersejarah yang masih berfungsi hingga sekarang. Berya arsitektur khas Belanda, gedung ini merupakan salah satu bukti sejarah. Walaupun masih berfungsi sebagai kantor PT. Bukit Asam, jangan khawatir jika ingin berfoto-foto disini tidak ada yang akan melarang. Jika ingin masuk ke dalam, pengunjuing harus minta izin dulu pada penjaga yang ada di depan. Terletak di pusat kota Sawahlunto tidak jauh dari Kota Tua.

2. Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto
Gedung ini masih memiliki gaya arsitektur elanza zaman dulu. Terletak di Jl. Ahmad Yani No.4 berda di pusat kota Sawahlunto, tidak jauh dari gedung PT. Bukit Asam. Bangunan in merupakan salah satu peninggalan penjajahan Belanda. Sekarang berfungsi sebagai gedung pusat kebudayaan Sawahlunto.


3. Lubang Mbah Suro
Lubang mbah suro merupakan salah satu bekas galian tambang. Lubang ini ada pada zaman Belanda. Bangunan ini merupakan salah satu bukti kekejaman panjajahan Belanda. Untuk membuat lubang ini Belanda mendatangkan pekerja paksa dari jawa yang dikepalai oleh Moudar Soerono. Dari nama inilah lubang mbah suro diambil. Terletak di Jl. Muhammd Yazid kelurahan Tanah Lapang, Lebah Segar, Kota Sawahlunto.

4. Mesjid Agung Nurul Islam
Mesjid ini merupakan salah satu mesjid agung tertua di Indonesia. Dibangun pada zaman penjajahan Belanda. Keunikan mesjid ini adalah jumah kubah mesjid yang ada 3 buah. biasanya mesjid hanya memiliki satu kubah. Selain itu, di bawah mesjid ada sebuah lubang yang dibangun untuk tempat persembuanyian sekaligus tempat untuk membuat senjata. Terletak di kaki perbukitan kelurahan Kubang Sirakuak Utara kecamatan Lembah Segar.

5. Kota Tua
Kota tua meruapkan salah satu kota yang sekarang merupakan pusat kota Sawahlunto yang memiliki arsitektur bangunan lama. Pemerintah Sawahlunto menjadikan kota ini sebagai salah satu kota bersejarah di Sumatera Barat.


6. Stasiun Kereta Api Sawahlunto
Stasiun ini merupakan salah satu alat tranportasi yang paling favorit pada zaman penjajahan. Sekarang stasiun ini berfungsi sebagai Museun Kereta Api Sawahlunto. Terletak di Pusat Kota Sawahlunto.




0 comments:

Post a Comment