Tuesday 7 March 2017

Puncak Tertinggi Sumatera Barat "Gunung Talamau"














Mengeksplor alam Sumatera Barat tidak akan ada habisnya. Masih banyak tempat-tempat yang belum atau masih kurang di terkenal tapi memiliki pesona keindahan dan keunikan yang tiada tara. Bagi pecinta alam dan pedaki, mejelajahi alam akan memberikan kebahagian tersendiri. Salah satu temat yang wajib dikunjungi adalah gunung Talamau.

Gunung Talamau terletak di Kabupaten Pasaman Barat, tepatnya di desa Paniga kecamatan Pasaman. Dari kota PAdang butuh waktu kurang lebih 5-6 jam untuk sampai di desa. Dari desa atau pintu masuk butuh waktu kurang lebih 12 jam untuk sampai di puncak gunung. Perjalan yang panjang ini akan menyuguhkan pemandangan alam ayang luar biasa. 

Gunung ini merupakan gunung berapi yang tidak aktif. Memiliki ketinggian 2.987 dari permukaan laut menjadikan gunung Talamau pucak tertinggi di Sumatara Barat. Selama perjalana, pesona alam yang ditawarkan salah satunya adalah air terjun Puti Lenggogini yang memiliki ketinggian kurang lebih 105 meter yang berada di bukit Simarimau Campo. Dari pintuh masuk butuh waktu 2-3 jam untuk sampai ke bukit ini. Selain bukit simarumau campo ada bukit lagi yang dapat ditemui yaitu bukit Seribu Bunyian. Tak jauh dari bukit ini pengunjung aka bertemu Pondo Rindu Alam yang mnejadi tempat istirahat.

Dipuncak gunung Talamau pendaki akan menemukan 13 telaga. Telaga ini memiliki air berwarna biru. Ke-13 telaga ini diberi nama sesuai dengan legenda yang ada di Sumatera Barat, yaitu:
  1. Telaga Biru
  2. Telaga Buluah Parindu
  3. Telaga Cindoa Mato
  4. Telaga Imbang Langik
  5. Telaga Lumuik
  6. Telaga Mande Rubiah
  7. Telaga Puti Bungsu
  8. Telaga Puti Sangka Bulan
  9. Telaga Rajo Dewa
  10. Telaga Satwa
  11. Telaga Siuntuang Sudah
  12. Telaga Tapian Puti Mambang Surau
  13. Telaga Tapian Sutan Bagindo
Dari puncak gunung Tamlamau pengunjung bisa melihat puncak gunung Singgalang yang ada di Agam, ibukota kabupaten Pasaman Lubuk Sikapiang dan permukaan laut. Jika sore hari sunset akan menjadi pemandangan yang ditunggu. Selain itu, gunung Talamu juga memiliki flora dan fauna yang beranekaragam. Dimulai dari Harimau dan tumbuhan obat-obatan. Oleh karena itulah pemerintahan Pasaman Barat membuat beberapa peraturan untuk menjaga keasrian alam gunung Talamau. Untuk keamanan pemerinta juga membangun beberapa posko dan satu buah mesjid dengan kubah yang menawan.

0 comments:

Post a Comment