Wednesday 15 March 2017

Makanan dan Minuman Khas Sumatera Barat


membahas kuliner Padang atau Minangkabau tidak ada pernah habisnya. Banyak jenis makanan dan minuman yang unik-unik dari daerah ini. Sebelummnya Pesona Minangkabau sudah membahas beberapa makanan khas Minangkabau, masih banyak makan dan minuman yang wajib dicoba.

Baca juga 

1. Teh Talua










Sesuai dengan namanya "teh talua" minuman satu ini terbuat dari teh yang dicampur dengan kuning telur yang dikocok sampai mengembang. Jika ingin mencobanya, minuman ini mudah ditemukan di warung-warung atau rumah makan padang. Biasanya minuman ini dinimun pada pagi hari. Teh talua dipercaya dapat menambah stamina.

2. Soto Padang
Cita rasa soto Padang berbeda dengan soto lainnya di Indonesia. Ada pilihan daging yang terdapat disoto yaitu daging ayam dan daging sapi. Selain itu ada yang namanya soto daging kriuk yaitu soto yang diberi daging yang digoreng kering seperti kerupuk. Soto Padang sangat mudah untuk ditemui.

3. Kopi Kawah











Kopi kawah adalah minuman yang terbuat dari daun kopi yang dikeringkan lalu disedu dengan air panas. Minuman ini berasal dari daerah Batusangkar.

4. Dendeng
Dendeng terbuat dari daging sapi atau daging kerbau. Disumatera Barat ada dua jenis dendeng yaitu dendeng karing dan dendeng basah. Dendeng kering terbuat dari daging yang dilumuri bumbu lalu dijemur hingga kering baru di goreng. Rasa bumbu pada daging memberikan sensai yang berbeda. Dendeng ini lebih mahal dari dendeng basah. Dendeng basah atau yang lebih dikenal dengan dendeng lambok terbuat dari daging yang digoreng lalu diberi cabe.

5. Sate Padang











Sate Padang berbeda dengan sate lainya yang ada di Indonesia. Dari segi daging, sebelum dibakar daging terlebih dulu direbus atau diungkap dengan bumbu tertentu, lalu baru ditusuk dengan tusuk sate dan dibakar. Daging sate bisa dari daging ayam, daging sapi, atau lokan (kerang). Sedangkan kuahnya terbuat dari air yang dimasak dengan bumbu lalu diberi temung beras. Warnanya kuahnya dan rasanya akan berbeda-beda tergantung kepada bumbunya, Umumnya kuah sate padang ada yang dicampur dengan goreng kacang yang ditumbuk kasar dan ada juga yang tidak pakai kacang. Terlepas dari itu, rasa kuahnya tetap lezat.



0 comments:

Post a Comment