Thursday 23 March 2017

Pahlawan-Pahlawan yang Berasal dari Sumatera Barat





Nama              :Prof. Mr. Mohammad Yamin, S.H

Tanggal Lahir : 24 Agustus 1903
Tempat Lahir : Sawahlunto, Sumatera Barat, Hindia Belanda
Meninggal    : Jakarta, 17 Oktober 1962 (umur 59)
Makam        : Talawi, Kabupaten Sawahlunto, Sumatera Barat.

Agama          : Islam
 


Lahir dari Pasangan Tuanku Oesman dengan Gelar Baginda Khatib (ayah) dan Siti Saadah (Ibu) yang berasal dari Sawahlunto dan Padang Panjang. Ia adalah seorang sastrawan, politikus dan ahli hukum yang disegani sebagai Pahlawan nasional Indonesia. Tetapi lebih terkanal sebagai pelopor Sumpah Pemuda tahun 28 Oktober 1928.

Muhammad Yamin menempuh pendidikan dasar di HIS Palembang, dan melanjutkannya di AMS Yogyakarta. Niatnya untuk melanjutkan sekolah ke Belanda terhenti karena ayahnya meninggal dunia. Sebagai gantinya ia menlanjutkan ke Rechtshoogeschool The Batavia (cikal bakal sekolah tinggi hukum Jakarta dan sekarang menjadi Fakultas Hukum Universitas Indonesia). Ia pernah tergabung dalam organisasi Jong Sumatranen Bond. Pada masa penjajahan jepang Yamin tergabung dalam PUTRA (Pusat Tenaga Rakyat). Tahun 1945 ia tergabung dalam BPUPKI dan mengusulkan wilayah Indonesia pasca penjajahan termasuk Sarawak, Sabah, Semenanjung Malaya, Timor Protugisdan semua wilayah Hindia Belanda dan gagasan itu diterima.

Dalam dunia sastra banyak karya-karya yang telah dilahirkan diantaranya: Tanah Air (Puisi), Ken Arok dan Ken Dedes (drama), Tan Malaka, Gadjah Mada (Novel), Sapta Dharma. Karya-karya lainnya yaitu: Proklamasi dan Konstitusi Republik Indonesia, Konstitusi Indonesia dan Gelanggang Demokrasi, Naskah Persiapan Undang-Undanng Dasar Jilid 3, Ketatanegaraan Madjapahit dan lain sebaginya.




Sebelumnya   1  2  3  4  5                         Selanjutnya  

0 comments:

Post a Comment