Friday 17 March 2017

Pahlawan-Pahlawan yang Berasal dari Sumatera Barat





Nama                                     : Tuanku Imam Bonjol
Nama Asli                              : Muhammad Shahab
Tempat Tanggal Lahir           : 1772, Bonjol, Pasaman, Sumatera Barat, Indonesia
Meninggal                              : 6 November 1864, di Lotak, Pineleng, Minahasa,
   Kota Manado, Indonesia
Makam                                   : Desa Lotta Kec. Pineleng, Minahasa, Sulawesi  
  Utara

Tuanku Iman Bonjol lahor dari pasangan Bayanuddin (ayah) dan Hamatun (Ibu). Ayah Tuanku Imam bonjol merupakan seorang ulama yang berasal rasi Sungai Rimbang, Suliki Lima Puluh Kota. Gelar Tuanku Imam Bonjol melekat pada diri Muhammad Shahab karena di tunjuk oleh Tuanku Nan Renceh sebagai pemimpin pada perang Padri di Bonjol. Sejak saat itu Ia terkanal dengan Tuanku Imam Bonjol.

Perang yang awalnya merupakan perang antara kaum adat dan kaum agama. Kaum ada yang tidak mau menerima perubahan oleh ulama-ulama Minangkabau menyebabkan pergolakan. Kaum adat pun akhirnya dibantu oleh Belanda. Akhirnya kaun adat merasa dirugikan oleh Belanda yang berujung pada munculkan rasa persatuan dan kesatuan antara kaum adat dan kaum agama dan berujung pada pertemunpuran antara kaum adat dan kaum agama melawan penjajahan Belanada. 

Tahun 1837, Tuanku Imam Bonjol diundang ke Palupuh untuk berunding. Di sana ia ditangkap dan dibuang ke Cianjur, Jawa Barat. Tak lama setelah itu dipindahkan ke Ambon dan akhirnya ke Lotak, Minahasa, dekat Manado dan ia meninggal dunia pada tanggal 8 November 1864. Tuanku Imam Bonjol dimakamkan di tempat pengasingannya tersebut. Tuanku Imam Bonjol Resmi menjadi pahlawan nasional pada tahun 1973. Pemberian gelar pahlawan ini sesuai tertuang dalam SK residen RI Nomor 087/TK/Tahun 1973, tanggal 6 November 1973.








Sebelumnya   1  2  3  4  5                           Selanjutnya 



0 comments:

Post a Comment