Friday 9 June 2017

Kuliner Minang "Es Kampiun atau Bubur Kampiun"

Bicara tentang kuliner Minang atau kuliner Padang tidak akan pernah habisanya. Salah satu daerah yang memiliki citara rasa terlezat di dunia, Sumatera Barat memiliki banyak jenis makanan yang patut untuk dicoba. Berhubunga sekarang bulan Ramadhan ada Pesona Minangkabau akan membahas dua jenis makanan yang memiliki nama yang sama tapi berbeda rasa yang dapat dijadikan takjil di bulan yang suci ini. 

 
ES KAMPIUN

Es dan bubur kampiun. Dua jenis makanan yang berbeda tapi dengan nama sama. Kedua makanan ini mudah ditemukan di Sumatera Barat apalagi di bulan Ramadhan ini. Es kampiun merupakan jajanan yang terbuat dari bubur hitam, roti, cendo mutiara dan tape singkong yang diberi es serut dan sirup manis. Saranya yang manis dan sedikit asam-asam dari tepe singkong akan membuat pengunjung ketagihan. Campuran es kampiun akan sedikit berbeda di daerah sekitar Sumatera Barat. Inilah yang menjadi keunikan rasanya. Es kampiun ini sangat cocok untuk takjil berbuka puasa apalagi bagi anda yang suka dingin-dingin. Hagar es kampiun berkisar antara 5.000-15.000 perporsinya.

Baca juga : Daftar Makanan Khas dari Minangkabau

BUBUR KMPIUN

Bubur kampiun merupakan makanan dari campuran bubur keten hitan dan putih, bubur kacang hijau, kolah ubi dan pisang, bubur candil, bubur sumsum dan sari kaya. Perpaduan rasa yang enak dan membuat ketagihan. Pengunjung bisa meminta sesuai selera. Makanan yang satu ini cukup favorit dan mudah di temukan di Sumatera Barat. Di bulan Ramadhan ini bubur kampiun dapat ditemukan di pasar pabukoan yang ada di setiap daearah di Sumatera Barat.  Harga bubur kampiun berkisar 5.000 - 10.000 perporsinya.

Baca juga : Karupuk Leak "Karupuk Kuah Makanan Orang Minang"


0 comments:

Post a Comment