Saturday 5 November 2016

Pesona Minang Kabau: Sejarah Museum Aditiwarman "Tugu yang Terlupakan"


Jika kita kembali ke sejarah khususnya kota Padang akan banyak masyarakat kota Padang yang lupa dengan sejaran bangunan yang satu ini. "Museum Aditiawarman". Banyak sejarah yang terjadi disini. Foto di atas adalah beberapa bukti sejaran yang pernah terjadi di museum miliki kota Padang ini. Foto paling bawah adalah museum Aditiawarman pada masa penjajahan Belanda. Foto kiri atas museum pada masa penjajahan Jepang dan kanan atas adalah museum Aditiawarman sekarang. Tugu yang berada di depan museum merupakan monumen penting dalam sejaran kota Padang. Tidak banyak masyarakat yang tahu sejarah apalagi nama tugu yang ada di depan museum Aditiawarman.

Tugu Michiels, itulah nama tugu yang ada di depan museum Aditiawarman. Dari Buku sumber menyatakan bahwa tugu ini dibangun pada zaman penjajahan Belanda. Dulunya nama tempat tugu ini berdiri sama dengan nama tugu itu yaitu "Lapangan Micheils". Jika diperhatikan bentuk tugu pada zaman Belanda berbeda dengan yang lain. Bentuk tugu yang sekarang mempertahan bentuk asli yang dibangun pada zaman Jepang.

Cerita singkat di atas merupakan ringkasan pendek dari sejaran kota Padang. Jika kita bertanya pada masyarakat mereka akan berkata "tidak tahu". Ironis memang, tapi itulah kenyataannya. Sudah sewajarnya pemerintah menceritakan kembali sejaran kota ini. Selain itu, museum ini juga merupakan salah satu tempat wisata di kota Padang dan tempat segudang cerita tentang kota Padang dulunya.




→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→

Artikel lainnya

  1. Sejarah Kota Bukittinggi
  2. Cerita dari Gunung Padang Sumatera Barat
  3. Sejarah Kereta Api Sawahlunto
  4. Kumpulan Foto-foto Zaman Dulu Part-2
  5. Kumpulan Foto-foto Zaman Dulu Part-1 
  6. Asal-usul Minangkabau
  7. Sejarah Kota Padang Asal Muasal Kota Padang
  8. Bukti Sejarah Benteng Fort De Kock
  9. Asal Muasal Ngarai Sianok
  10. Lobang Japang dan Sejarahnya
  11. Sejarah Museum Aditiwarman "Tugu yang Terlupakan"
  12. Pelabuhan Teluk Bayur
  13. Janjang 40 Bukittinggi


0 comments:

Post a Comment