Thursday 3 November 2016

Pesona Minang Kabau: "Kamang" danau yang tersembunyi


anau Bermuka Dua atau yang lebih dikenal dengan Danau Kamang terletak di kampung Tarusan Kamang Kabupaten Agam. Belum banyak yang tahu danau ini, keasrihan alamnya masih sangat terjaga dan sangat alami. Cuaca disini terasa sejuk dan udaranya sangat bersih, belum tercemar. Mata akan dimanjakan oleh deretan bukit yang mengelilingi danau ini. Jika ingin bersantai-santai anda bisa menikmati dengan duduk-duduk di atas amparan rumput yang cukup luas atau bermain di danau dengan rakit atau perahu kecil yang disediakan oleh masyarakat setempat. 

Jika pertama kali kesini sebaiknya anda sering bertanya arah jalan. Dari Kota Bukittinggi butuh waktu 30 menit sampai 1jam perjalan. Jalan yang akan anda lalui cukup sempit, tapi tenang tidak banyak kendara yang lalu-lalang. Selain itu, sepanjang jalan pemandangan desa dan alam akan membuat anda betah dan terkagum-kagum. Masyarakat disini juga cukup ramah, jadi jika anda ragu dengan arah jalan sebaiknya bertanya saja, tak usah ragu. Sebaiknya anda membawa cukup bekal atau makanan ringan baik untuk perjalan maupun untuk di lokasi, karena tidak banyak penjual yang akan ditemui baik diperjalan maupun di danau.


 Waktu untuk datang kesini boleh kapan saja. Jika anda datang pada musim penghujan anda akan mendapati danau ini akan penuh bahkan airnya bisa sampai kejalan. Jika ingin bermain perahu dan rakit sebaiknya datang pada saat air danau ini penuh. Jika anda datang pada musim kemarau, anda akan menemukan air danau ini surut. Pulau kecil yang ada di danau akan terlihat besar tapi jika musim penghujan danau itu hanya terlihat pohonnya saja. Di musim kemarau pun suhu di sini tetap akan sejuk. 



0 comments:

Post a Comment