Monday 21 November 2016

Maninjau dan Potensi Wisata Mengagumkan yang Dimiliknya


Danau Maninjau adalah danau yang paling luas di Sumatera Barat. Danau ini merupakan salah satu icon dan kebanggaan orang Minangkabau. Luas danau ini lebih dari 21.000ha. Banyak macam aktifitas yang berlangsung di danau ini. Sumber daya alam yang dimiliki oleh danau ini juga melimpah. Oleh karena itu, pemerintah Sumatera Barat sangat menjaga kelesatarian danau dan kawasan disekitarnya.

POTENSI YANG DIMILIKI OLEH DANAU MANINJAU DAN SEKITARNYA
1. PLTA
Air danau Maninjau dijadikan untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Kontribusi PLTA Maninjau sangat besar. Aliran listriknya disebar tidak hanya untuk daearah Sumatera Barat, tatapi manfaatnya juga dirakan oleh beberapa provinsi tetannga. PLTA ini dikelolah oleh PLN dan pemerintahan provinsi Sumatera Barat

2. Penunjang Perekomonian Masyarakat
Maninjau meruapakan salah satu tempat penghasil ikan air tawar di Sumatera Barat. Jika berkunjung ke danau Maninjau, dengan mudah akan ditemukan keramba-keramba milik masyarakat. Keramba ini berisi berbagai jenis ikan air tawar. Keunikan yang hanya dimiliki oleh danau Maninjau dan tidak dimiliki oleh danau-danau lainnya adalah "Ikan Bilih". Ikan ini hanya dapat ditemukan di danau Maninjau.
Tidak hanya itu, disekatar pinggiran danau akan ditemukan kebun-kebun pertanian yang juga milik masyarakat. Tanah yang subur menjadikan Maninjau pengahasil sayur dan kebutuhan pangan di Sumatera Barat. Tanaman yang dihasilkan antaranya, padi atau beras, kelapa, bawang, daun bawang, sayur-sayuran dan lain sebagainya. Hasil pertanian juga disebar ke seluruh Sumatera Barat bahkan ada yang sampai ke provinsi tetangga.

3. Cagar Alam
Kawasan Maninjau yang begitu luas, menjadi perhatian pemerintah. Untuk menjaga keasrian baik tanaman maupun hewan, sekitar 25% kawasan ini dijadikan cagar alam. Hal ini penting dilakukan, mengingat danau Maninjau dijadikan PLTA. Selaian itu dengan dijadikan cagar alam kelestarian danau ini juga akan tergaja. Ekosistem yang ada di kawasan Maninjau akan terpelihara. Ini juga akan berdampak bagi perekemoniaan masayarakat yang memanfaat alam sebagai mata pencariannya.

4. Wisata Alam
Inilah yang membuat danau Maninjau menjadi terkenal seperti sekarang. Keindahan danau menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Selain itu udara yang sejuk dan bersih semakin memikat para wisatawan. Wisata alam yang dimiliki Maninjau diantaranya: Panorama dari Matur yang mengintari danau Maninjau, daerah Embun Pagi yang memberikan view danau yang memikat.

Selanjutnya adalah Puncak Lawang. Ini merupakan spot terbaik di Maninjau. Tidak hanya keindahan alam yang bisa dinikmati disini, pengunjung juga bisa menikmati beberapa kegiatan alam yang menantang seperti Paralayang. Bahkan kegiatan paralayang disini telah di eventkan setiap satu tahun sekali.

Jika kita seorang pencinta sejarah, maka di Maninjau kita bisa menemukan tempat kelahiran salah satu tokoh terkenal di Indonesia, yaitu Buya Hamka. Daerah sekitar Sungai Batanng merupakan tempat kelahiran tokoh dan Ulama satu ini. Disini kita bisa melakukan wisata dakwa dan panorama alam.

Berkunjung ke Maninjau akan memberikan pengalaman tersendiri buat pengunjung. Pengunjung bisa bercerita lebih banyak tentang potensi yang dimiliki oleh kawasan Maninjau. Potensi inilah yang harus dijaga, dilestarikan dan dikembangkan.



→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→

Artikel lainnya

  1. Sejarah Kota Bukittinggi
  2. Cerita dari Gunung Padang Sumatera Barat
  3. Sejarah Kereta Api Sawahlunto
  4. Kumpulan Foto-foto Zaman Dulu Part-2
  5. Kumpulan Foto-foto Zaman Dulu Part-1 
  6. Asal-usul Minangkabau
  7. Sejarah Kota Padang Asal Muasal Kota Padang
  8. Bukti Sejarah Benteng Fort De Kock
  9. Asal Muasal Ngarai Sianok
  10. Lobang Japang dan Sejarahnya
  11. Sejarah Museum Aditiwarman "Tugu yang Terlupakan"
  12. Pelabuhan Teluk Bayur
  13. Janjang 40 Bukittinggi



0 comments:

Post a Comment