Wednesday 23 November 2016

Pesona Keindahan Air Terjun Bayang Sani (Air Terjun Tarasah)

Pesisir Selatan, menyimpan banyak pesona keindahan alamnya. Salah satunya terletak di Bayang Sani.Objek Wisata Bayang Sani atau masyarakat setempat lebih mengenalnya dengan air terjun Tarasah Iku Kudo merupakan satu-satunya wisata air terjun. Berada di Kecamatan Bayang tepatnya di nagari Kotobaru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan Sumatra Barat. 

Keindahan objek wisata air terjun bayang sani ini terbukti pada saat hari libur dan lebaran, banyak wisatawan lokal maupun luar daerah datang berkunjung melihat keindahan dan menikmati kesejukan dari  air terjun tersebut. Air terjun ini membah tujuan untuk berlibur ke Pesisir selatan. Airnya yang sejuk dan suasa alam yang masih asri membuat pengunjung akan betah berlama-lama disini.
 

Air Terjun Bayang Sani memili 7 tingkat. Untuk mencapai puncak air terjun tingkat 7 ada dua rute yang bisa dilalui, dari arah selatan yaitu dimulai dari tingkat satu bayang sani dan dari arah utara. Namun medan yang ditempuh dari arah selatan terlalu berat dan terjal, James beserta rombongan memilih arah utara dengan membawa perlangkapan dan bahan makanan seadanya untuk memulai pendakian. Setiap tinggkat meniliki pesona masing-masing. Tetapi untuk mencapai tingkat 7 pengunjung harus memiliki tenaga yang kuat karena medan yang akan ditempuh cukup sulit.


 Wisatawan dapat menikmati aliran air terjun yang jernih. Di tingkat 1 terdapat toilet dan ruang ganti di dekat lokasi air terjun. Jika perut lapar, wisatawan tak perlu takut karena terdapat warung yang menjajakan makanan dan minuman ringan. Sambil menikmati santapan yang tersedia dari warung-warung, jika beruntung wisatawan dapat melihat monyet-monyet yang melompat di tengah rimbun pepohonan. Harga tiket masuk untuk masuk ke obyek wisata Air Terjun Bayang Sani adalah Rp 5.000




Air Terjun Bayang Sani terletak kurang lebih tiga kilometer sebelum Jembatan Akar Bayang, pengunjung akan menemukan sebuah pertigaan yang menuju obyek wisata Air Terjun Bayang Sani. Wisatawan dapat gemericik empat aliran air terjun yang mengalir deras sepanjang waktu. Air Terjun Bayang Sani memiliki tinggi sekitar 80 meter dan merupakan salah satu air terjun terbesar di Sumatera Barat.

0 comments:

Post a Comment