Saturday 14 January 2017

Gunung Singgalang dan Pesona Telaga Dewi


Bagi pencinta alam, menjelajai alam dan berhenti disuatu tempat yang mempesona pasti merupakan kenikmatan sendiri. Menyelusuri lembah dan bukit untuk sampai ke tempat tujuan. Tak perduli sebanyak apa tenaga yang terkuras dan keringat yang mengalir, ditempat yang dituju mereka pasti akan menamukan obatnya. Ya, keindahan alam adalah obat bagi pencinta alam.

Pecinta alam akan berjalan sejauh ribuan meter untuk menamukan surganya. Di Sumatera Barat banyak tempat-tempat yang bisa dijelajahi oleh pecinta alam. Mulai dari hutan sampai ke gunung yang tertinggi sekali pun. Salah satu spot yang sering didatangi oleh pecinta alam dan petualangan adalah Gunung Singgalang. Gunung Singgalang merupakan salah satu gunung yang tertinggi di Sumatera Barat. Letanya yang tidak jauh dari kota Padang dan berada dekat di Kota Padang Panjang merupakan salah satu tempat yang banyak menyimpan keindahan alamnya.


Ketinggian Gunung Singgalang kurang lebih 2.877 meter dari permukaan laut. Trek untuk untuk mendaki gunung singgalan cukup sulit. Tanjakan terjal dan licin karena gunung singgalang banyak ditumbuhi rumput. Selain itu, pendaki juga harus melewat trek yang dipenuhi dengan tumbuhan gulma yang membentuk terowongan. Biasanya pendaki memulai pendakian dari kenagarian Pandai Sikek, kecamatan Sepuluh Kota, Kabupaten Tanah Datar. 

Daya tarik utama dari Gunung Singgalang adalah "Talago Dewi". Telaga ini terletak di atas puncak gunung singgalan. Keindahan telaga akan mengobati kelehan dari para pendaki. Air telaga ini sangat bening dan sejuk. Jika beruntung pendaki akan menemukan ikan-ikan penghuni telaga. Jika cuaca sedang tidak baik, maka kabut yang menutupi telaga akan memerikan sedikit suasana mistis. Tetapi tak perlu khawatir. Banyak yang bermalam di dipinggir telaga ini.

Konon menurut masyarakat setempat asal usul cerita 7 manusia harimau berasal dari gunung singgalang. Menurut cerita yang berkembang, dulu ada sebuah perguruan silat di desa sekitar kaki gunung singgalang. Untuk menyempurkan ilmu silatnya para pendekar harus memasuki hutan di gunung singgalang. Jika pendekar berhasil keluar dari hutan dan membawa sabuk yang terbuat dari kulit harimau, maka pendekar itu sudah jurus ilmu harimau. Terlepas dari benar tidaknya cerita itu, gunung singgalan dan telaga dewinya tetap menjadi incara bagi pecinta alam.


Baca juga artikel berikut ini

1. Pariangan Desa Tertua Penuh Sejarah Dan Pesona Keindahannya
2. Danau yang Tersembunyi "Danau Laut Tinggal" Pasaman
3. Kerajan-Kerajaan yang Pernah ada Di Sumatera Barat Part 1
4. Legenda Danau Kembar Sumatera Barat
5. "Air Terjun Lubuk Batang" Pesona Keindahan yang Tersebunyi Di 50 Kota
6. Keunikan Pakaian Ada tMinangkabau
7. Air Terjun Lubuk Batu Bulan
8. Budaya Mentawai Tato Tertua Di Dunia
9. Kerajan-Kerajaan yang Pernah ada Di Sumatera Barat Part 2

0 comments:

Post a Comment