Monday 30 January 2017

Kerajaan-Kerajaan yang Pernah ada di Sumatera Barat Part 1














Tidak banyak yang tahu, bahwasebenarnya di Sumatera Barat banyak terdapat kerajaan. Sampai saat ini bukti bahwa kerajaan itu dapat ditemukan di tempat kerajaan itu berdiri.

1. Kerajaan Pagaruyuang
Kerajaan ini merupakan kerajaan terbesar dan tertua di Sumatera Barat. Terletak di kabupaten Tanah Datar, kerajaan ini masih dapat ditemukan sampai sekarang, walaupun sudah berkali-kali mengalami kebakaran. Pada awalnya raja-raja di kerajaan Pagaruyung manganut agama Hindu dan Budha. Setelah Islam masuk sistem kekerajaan mulai banyak berubah. Kerajaan Pagaruyuang di pimpin oleh raja, sedangkan nagari-nagarinya dipimpin oleh seorang penghulu. Fungsi raja lebih diutamakan sebagai pengendali hubungan dengan dunia luar.
2. Kerajaan Melayu Dhamasraya
Kerajaan Melayu Dhamasraya terletak di kabupaten Dhamasraya. Bukti keberadaan kerayaan Melayu Dhamasraya terdapat dalam prasasti Roco. Dalam prasati disebutkan bahwa " Dhamasraya merupakan ibu kota dari kerajaan Melayu pada abad 13-14 setelah kerajaan Sriwijaya jatuh.

3. Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu
Terletak di kabupaten Solok Selatan, kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu merupakan salah satu kerajaan yang mempunyai kedudukan sebagai alam surambi bagi kerajaan Pagaruyung. Sebelum terbentuknya konfederasi kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu merupakan daerah kekuasa kerajaan Melayu.

4. Kerajaan Jambu Lipo
 Kerajaan Jambu Lipo terletak di kabupaten Sawahlunto Sijunjung, tepatnya di Nagari Lubuak Tarok. Kerajaan ini merupakan salah satu kerajaan yang tua di Sumatera Barat. Bahkan sampai sekarang adat dan budayanya masih terjagasangat baik. Kerajaan Jambu Lipo merupakan representasi kelanjutan dari kerajaan Dhamasraya.



Baca juga artikel berikut ini

1. Pariangan Desa Tertua Penuh Sejarah Dan Pesona Keindahannya
2. Danau yang Tersembunyi "Danau Laut Tinggal" Pasaman
3. Kerajan-Kerajaan yang Pernah ada Di Sumatera Barat Part 1
4. Legenda Danau Kembar Sumatera Barat
5. "Air Terjun Lubuk Batang" Pesona Keindahan yang Tersebunyi Di 50 Kota
6. Keunikan Pakaian Ada tMinangkabau
7. Air Terjun Lubuk Batu Bulan
8. Budaya Mentawai Tato Tertua Di Dunia
9. Kerajan-Kerajaan yang Pernah ada Di Sumatera Barat Part 2

0 comments:

Post a Comment