Thursday 12 January 2017

Potensi dan Pesona Danau Singkarak


Siapa yang tidak kenal dengan danau terbesar ke-2 di Sumatera Barat ini. Dengan luas 107.8 meter persegi yang terletak di dua kabupaten yaitu kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar. Nama danau Singkarak menjadi lebih terkenal setelah dijadikan salah satu nama event balap sepeda Tur De Singkarak, yang pada tahun 2016 masuk ke dalam 10 besar balap sepeda terbesar di dunia.

Danau Singkarak tidak hanya memiliki potensi di bidang pariwisata, tetapi juga dibidang lain sama halnya dengan danau Maninjau yang terletak di agam. Danau yang terbentuk akibat aktivitas tektonik ini memiliki beraneka raga jenis ikan yang hidup di dalamnya. Selain itu, keindahan alam danau Singkarak juga akan memanjakan mata yang memandangnya.

1. Perikanan

Danau Singkarak terkenal dengan ikan Bilihnya. Ikan ini hanya ditemukan di danau Singkarak dan Maninjau, tetapi lebih banyak ditemukan di Singkarak. Selain itu, pembudidayaan ikan lain juga banyak dilakukan oleh masyarakat di sekitar danau. Hasilnya pembudidayaan ini tidak untuk kebutuhan daerah Sumatera Barat tetapi juga provinsi lain. Pembudidayaan yang dilakukan masyarakat mendapat dukungan pemerintah dan menjadikan danau Singkarak salah satu pengahsil ikan air tawar.

2. PLTA

Tidak banyak yang tahu, kalau air danau Singkarak juga dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga air. Hal ini dikarenakan PLTA danau Singkarak tidak terletak di dekat danau Singkarat seperti PLTA danau Maninjau. PLTA danau Singkarak terletak di Batang Anai kabupaten Padang Pariaman. Air danau Singkarak dilirkan ke sebuah torongan yang menembus bukit barisan hingga ke Batang Anai untuk menggerakkan turbin.

3. Wisata

Danau Singkarak sudah lama menjadi salah satu objek wisata di Sumatera Barat. Danau yang dikelilingi oleh perbukitan menjadikan pesona tersendiri. Udara di danau juga cukup sejauk. Hanya saja penginapan tidak terlalu banyak disekitar danau. Tetapi bagi pecinta alam, tidak ada salahnya untuk mencoba berkemping disekitar danau. Untuk menikmati danau pengunjung bisa menyewa perahu yang telah disediakan disekitar danau. Jika musim liburan pengunjung danau akan semakin ramai. Untuk pengamanannya, pemerintah telah menyediakan tim keamanan. untuk berjaga-jaga. 

Selain wisata alam, danau Singkarak juga bisa dijadikan wisata kuliner. Disekitar danau Singkarak banyak berjajar rumah makan. Menikmati kuliner khas Minang sambil menikmati keindahan alam danau Singkarak akan membuat selera makan pengunjung bertambah. Oleh-oleh yang biasanya dibawa dari danau Singkarak adalah "Lauk Bilih" atau ikan bilih yang hanya ada di Singkarak.



Baca Juga

Maninjau dan Potensi Wisata yang Mengagumkan


Baca juga artikel berikut ini

1. Pariangan Desa Tertua Penuh Sejarah Dan Pesona Keindahannya
2. Danau yang Tersembunyi "Danau Laut Tinggal" Pasaman
3. Kerajan-Kerajaan yang Pernah ada Di Sumatera Barat Part 1
4. Legenda Danau Kembar Sumatera Barat
5. "Air Terjun Lubuk Batang" Pesona Keindahan yang Tersebunyi Di 50 Kota
6. Keunikan Pakaian Ada tMinangkabau
7. Air Terjun Lubuk Batu Bulan
8. Budaya Mentawai Tato Tertua Di Dunia
9. Kerajan-Kerajaan yang Pernah ada Di Sumatera Barat Part 2

0 comments:

Post a Comment