Saturday 17 December 2016

Wisata Alam Legenda Batu Malin Kundang

Siapa yang tidak kenal dengan legenda Malin Kundang. Bercerita tentang seorang anak yang durhaka kepada orang tuanya. Legenda Malin Kudang dapat kita temukan dengan mudah di buku cerita anak. Lengenda ini tidak hanya di kenal di Sumatera Barat, bahkan cerita ini terdengar sampai keluar negeri.


Singkat cerita ada seorang anak laki-laki miskin yang tinggal bersema ibunya. Suatu hari dia hendak ingin pergi merantau untuk mengubah nasipnya. Dengan berat hati sang ibu melepas anaknya untuk pergi merantau. Nasib baik dan usaha kerasanya mengubah kehidupan si Malin Kundang di perantauan. Setelah menjadi kaya raya, Malin Kudang mempersunting seorang wanita cantik. Lama di perantauan membuatnya rinduk akan kampung halamnya. Akhirnya Malin Kundang pulang ke kampung halamannya dengan sebuah kapal besar yang mewah.  Kabar tersebut terdengar oleh sang ibu yang juga sangat merindukan anak laki-lakinya. Bergegaslah perempuan tua berlari ke dermaga untuk memastikan. Namun apa yang didapatinya, saat sang ibu memanggil anaknya sang anak tidak menanggapinya. Si ibu itu terus berusaya meyakinkan Malin Kundang bahwa dia adalah ibunya tapi Malin Kudang tidak mau mengkuibahwa wanita tua itu adalah ibunya dan pergi meninggalkan orang tua renta itu. Dengan sara sedih sang sang ibu berdoa agar anaknya menjadi batu. Tak lama setelah doa sang ibu, Tuhan pun mengabulkan dan akhirnya si Malin Kundang Menjadi Batu.

Legenda ini terjadi di Pantai Air Manis Padang yang merupakan salah satu kawasan wisata yang ada di Padang. Di pantai ini pengunjung bisa menemukan batu yang mirip orang sedang sujut. Kono ceritanya, batu itu adalah si Malin Kudang yang dikutuk oleh ibunya. Posisi sujud itu merupakan permohonan maafnya kepada sang ibu, tapi itu sudah terlambat. Sang ibu yang sedih dan sakit hati melihat kelakuan anaknya tidak ingin melihat anaknya lagi. 

Tempat ini tidak hanya menyuguhkan bukti legenda Malin Kudang tetapi pengunjung juga akan disihir dengan keindahan Alam Pantai Air Manis. Pengunjung dapat bermain di pantai sepuasnya. Tak jauh dari pantai ada sebuah pulau yang bisa dikunjungi. Jika air laut sedang surut, pengunjung bisa ke pulau dengan jalan kaki saja. Mau melakukan kegiatan yang menantang, pengunjung bisa berhaiking mendaki bukit tang ada di tepi pantai. Bukit ini merupakan bagian dari gunung Padang yang terkenal dengan makam Siti Nurbaya. 

Akses ke pantai ini cukup mudah. butuh waktu kurang lebih 30 menit dari pusat kota. Bagi pecinta petualang bisa ke tempat ini dengan berjalan kaki dari Muaro Padang. Pada hari libur pantai Air Manis ramai dikunjungi baik wisatawan domestik maupun luar negri.




⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛⇛

Info Lainnya

  1. Pencak Silat Seni Beladiri Mendunia Asli Sumatera Barat
  2. Danau Biru Danau Bekas Galian Tambang Di Sawahlunto
  3. Randai Part-1 Perpaduan Antara Permainan, Seni dan Budaya
  4. Lembah Anai Dengan Rel Gigi Langkanya 
  5.  5 Jalan Dengan Pemandangan Memesona TapiBerbaya Di Sumatera Barat
  6. Objek Wisata Yang Wajib Dikunjung Di Pesisir Selatan
  7. Wisata Alam Legenda Batu Malin Kundang
  8. Hotel Murah Yang Ada Di Danau Maninjau
  9. Tempat Wisata Yang Wajib Di Kunjungi Di Payahkumbuh



0 comments:

Post a Comment