Tuesday 27 December 2016

Tempat Wisata yang ada Di Kabupaten Solok



Ingat dengan lagu "Bareh Solok". Di Sumatera Barat beras ini termasuk dalam salah satu beras terbaik. Rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut membuat makan manjadi lahap. Nama bareh solok diambil dari nama tempat padi ini ditanam. Yupz yaitu Solok. Tidak hanya bareh solok yang dihasilkan, derah ini juga merupakan daerah sentral pertanian di Sumatera Barat. Sayur-sayuran dan buah-buah banyak berasal dari daerah ini.

Solok tidak hanya terkenal dengan dua hal tadi. Keindahan alamnya juga tidak kalah dengan kota dan kabupaten lainnya di Sumatera Barat. Solok juga terkenal dengan tempat tujuan wisata alamnya. Banyak tempat yang bisa di tuju di daerah ini. Terterik ingin menjelajahi keindahan alam solok? Berikut ini beberapa tempat yang data dikunjungi di Solok.

1. Kebun Teh Alahan Panjang














Jika ingin merakan suasana di kebun teh, bagi orang masayarakat Sumatera Barat dan sekitarnya tak perlu jauh-jauh datang ke pulau seberang. Di Kabupaten solok ada kebun teh yang luas dan indah. Letaknya tidak jauh dari kota Padang, kurang lebih 3-4 jam dengan kendaraan. Letaknya juga di tepi jalan raya tepatnya di Alahan Panjang.  Dikiri kanan jalan yang terlihat hanya hamparan hijau daun teh. Tempat ini sangat cocok untuk berfoto-foto. Banyak spot yang bagus dengan mudah ditemukan. Selainitu ketempat ini tidak perlu membayar. Pengunjung bisa singgah sejenak untuk melepaskan lelah.Kebun teh ini sudah ada pada zaman penjajahan Belanda.

2. Danau Atas dan Danau Bawah

Danau ini dikenal juga dengan danau kembar. Uniknya danau atas terletak di bawah dan danau bawah terletak di ketinggian. Letak danau kembar ini tidak jauh dari kebun teh, jika kita dari Padang, maka diujung kebun teh kita akan menemukan danau atas yang terletak masih di pinggir jalan raya Padang-Solok Selatan-Kerinci. Sedangkan danau bawah butuh 10-15menit dari jalan raya. Jika ingin bermalam, di danau bawah terdapat villa yang bisa digunakan. Villa ini terletak ditepi danau. Bagi anta yang tidak terbiasa dengan suhu dingin, sebaiknya membawa pakain tebal karena daerah ini merupakan daerah yang paling dingin di Sumatera Barat.

3. Danau Singkarak

Danau ini tidak hanya terkenal di Indonesia tetapi juga sudah mendunia. Danau ini merupakan danau terbesar ke dua di Sumatera Barat. Potensi yang dimiliki danau singkarak tidak kalah dengan danau maninjau. Salah satu event internasional diambil dari nama danau ini yaitu Tur De Singkarak. Salah satu event balap sepeda terbesar di dunia yang diadakan setahun sekali. Akses jalan untuk sampai ke danau ini ada dengan dua cara yaitu Padang - Padang Panjang - Tanah Datar - Solok (danau Singkarak) atau Padang - Solok (danau Singkarak). Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 2-3 jam dari kota Padang.

4. Pemandian Air Panas Bukik Gadang

Solok juga terkenal dengan tempat pemandian air pansnya. Salah satu yang terkenal adalah Pemandian air Panas Bukik Gadang, yang terletak Air Batumbuh, Gunung Talang, Solok. Tempat pemandian ini cukup bersih dan dihiyasi dengan pemandangan alam yang indah yang membuat pengunjung betah untuk berendam lama. Biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu mahal, 5.000- 10.000 untuk biaya masuknya.

5. Sulik Air

Sulik air merupakan sebuah nama nagari yang ada di Kecamatan X Koto Diatas. Daerah ini juga dikenal dengan "Janjang 1000" karena di nagari ini ada jalan berupa tangga yang berjumlah seribu yang menuju sebuah bukit. Suasana desa yang asri dan indah akan memanjakan mata pengunjung. Uniknya rumah-rumah penduduk di nagari ini kebanyakan berbentuk rumah gadang.



Baca juga artikel berikut ini

1. Pariangan Desa Tertua Penuh Sejarah Dan Pesona Keindahannya
2. Danau yang Tersembunyi "Danau Laut Tinggal" Pasaman
3. Kerajan-Kerajaan yang Pernah ada Di Sumatera Barat Part 1
4. Legenda Danau Kembar Sumatera Barat
5. "Air Terjun Lubuk Batang" Pesona Keindahan yang Tersebunyi Di 50 Kota
6. Keunikan Pakaian Ada tMinangkabau
7. Air Terjun Lubuk Batu Bulan
8. Budaya Mentawai Tato Tertua Di Dunia
9. Kerajan-Kerajaan yang Pernah ada Di Sumatera Barat Part 2

0 comments:

Post a Comment