Saturday 31 December 2016

"Nasi Sek" Pariaman



Medengar kata "Sek" pikiran ada jangan dulu negatif. Di Pariaman ada yang namanya "Nasi Sek" singkatan dari "Nasi Seratus Kenyang". Nama makanan ini muncul karena tahun 80an hanya dengan seratus perak perut jadi kenyang.  Sekarang ini harga nasi sek masih terbilang murah. Pilihan menunya juga semakin banyak. Dijamin pengunjung akan ketagihan.

Mencari nasi sek tiak sulit. Nasi sek dapat ditemukan di sepanjang pantai Gondoriah Pariaman. Hanya disini nasi sek dapat ditemukan, karena tahun 2013 nasi sek sudah di petenkan oleh pemerintah kota Pariaman dan tidak boleh dibawa keluar dari kota Pariaman. Hal ini dilakukan untuk menjadikan nasi sek selah satu ikon kota Pariaman dan untuk menjaga ke khasan rasanya.

Kenapa nasi sek menjadi begitu berbeda dengan nasi lainnya? Sebenarnya untuk membuat nasi sek sama dengan dengan membuat nasi lainya, hanya saja setelah nasi matang nasi akan dibungkus dengan daun pisang yang berbentuk kerucut. Karena dibungkus dengan daun pisang ini aroma dan rasa nasi menjadi sedikit labih enak dibandingkan dengan nasi lainnya.

Nasi sek bertambah nikamat ditemani dengan berbagai menu sambal dan lauk khas Pariaman yang terkenal dengan kelezatan makanannya. Mulai dari gulai kapalo lauk (gulai kepala ikan), cumi, sayur dan yang tak kala penting samba lado. Pilihan menu lain juga ada, yang jelas semua menu pasti khas Padang. Kenikmatan makan akan semakin bertambah dengan suasana pantai dan musik deburan ombak pantai Gondoriah. Makan dialam terbuka ditemuani dengan angin yang sepoi-sepoi membuat pengunjung akan meniknamti semua menu yang tersedia. 

Mau mecoba "Nasi Sek"? Cukup datang ke Pantai Godoriah Pariaman.












→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→→

Jangan lupa untuk membaca yang ini:

  1. Mande Rubiah Tokoh Wanita Minangkabau
  2. Bentuk-bentuk Rumah Gadang Part-2
  3. Bentuk-bentuk Rumah Garang Part-1
  4. Mande Rubiah Tokoh Wanita Minangkabau
  5. Sistem Kerabatan Matrilineal Di Minangkabau
  6. Uniknya Adat dan Budaya Pernikahan Di Minangkabau
  7. Rumah Gadang Rumah Adat Orang Minang
  8. Musik dan Budaya Orang Minang
  9. Karupuk Leak Karupuk Kuah Makanan Orang

0 comments:

Post a Comment