Thursday 13 July 2017

Pesona Seribu Rumah Gadang



Rumah Gadang merupakan rumah tradisional miliki suku Minangkabau Di Sumatera Barat. Rumah yang identik dengan bentuk atap yang khas dikenal dengan atap Bajonjong. Rumah Gadang hampir seluruhnya terbuat dari  kayu. Konon dulunya tiang utama rumah gadang dibuat tanpa menggunakan paku. Untuk menghubungkan antara tiang satu dengan yang lainnya dengan memasak atau tiang utama di lubangi lalu bagian ujung penyangga dibuat sesuai ukuran lubang lalu dimasukkan. Cara ini akan membuat bangunan akan menjadi tahan gempa.

Berbagai macam cara dilakukan untuk melestarikan Rumah Gadang. Di beberapa tempat di Sumatera Barat, ada kawasan yang dimana rumah penduduknya dan kantor pemerintahannya Rumah Gadang. Salah satu kawasan yang terkenal adalah Kawasan 1000 Rumah Gadang yang ada di Solok Selatan.  Tahun 2016 kawasan ini memecahkan Rekor MURI sebagai kawasan yang memiliki rumah gadang yang terbanyak. Kawasan ini tersebbar di beberapa daerah di Solok Selatan, tetapi kawasan yang paling terkenal dan banyak dikunjungi adalah di Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan.

Kawasan ini berjarak 150 KM dari Kota Padang atau kurang lebih empat jam perjalan dengan kendaraan pribadi. Tidak sulit untuk menemukan kendaraan atau alat transpor yang akan mengantar pengunjung kesana. Letaknya juga tidak jauh dari jalan utama Solok Selatan - Kerinci Jambi. Selain itu, kawasan ini juga merupakan salah satu tempat pengambilan gamar beberapa film Layar Lebar dan beberapa film FTV dan sinetron Indonesia.

Pemandangan kiri kanan hanya rumah gadang dan pemendangan alam Sumatera Barat. Jajaran Rumah Gadang dengan keunikannya akan memanjakan mata anda. Jumlah rumah Gadang yang paling banyak di sau kawasan adalah 134 yang tercatat pada tahun 2016. Rumah Gadang ini berfungsi sebagai rumah penduduk setempat. Jika anda ingin merasakan sensasi menginap di rumah Gadang pengunjung bisa menanyakan apakah boleh menginap untuk semalam. Ada beberapa penduduk yang mau menerima turis atau wisatawan untuk menginap di rumahnya .
    



0 comments:

Post a Comment