Sunday 9 December 2018

Jajanan Khas Minang Kabau "Sumatera Barat"

Mau tahu apa saja yang unik yang terdapat di Sumatera Barat? Beberapa dari jajanan ini merupakan makanan khas daerah tertentu di Sumatera Barat.

1. Karupuak Kuah.












Jajanan ini tersebar di seluruh daerah di Sumatera Barat. Ada beberapa kawasan wisata tertentu yang menjual makanan ini dan menjadikan khas tempat tersebut, yaitu di kawasan Jam Gadang Bukittinggi dan kawasan wisata Taman Muaro Lasak, Pantai Padang. Penasaran mau mencoba? Datang saja ke dua tempat ini. 

2. Pensi
Pensi merupakan sejenis karang yang hidup di danau. bentuknya kecil-kecil sebesar kelereng. Dimasak deperti sup. Disumatera Barat pensi diperoleh dari danau Singkarak dan danau Maninjau. Jajanan ini bisa ditemukan di kawasan Maninjau, Singkarak, Bukittinggi, Pariaman dan Padang.

3. Langkitang












Langkitang merupakan sejenis keong tapi bentuknya panjang. Dimasakan dengan menggunakan santan dan bumbu lainnya. Tempat yang biasa menjual makanan ini adalah Taman Muaro Lasak Pantai Padang, Pantai Gondoriah Pariaman dan Pasar Ateh dan Pasar Bawah Bukittinggi. Untuk yang dibukittinggi umumnya menggunakan langkitang dari air tawar, sedangkan yang di Padang dan Pariaman ada yang langkitang air tawar dan ada langkitang air laut.

5. Lamang
Jajanan yang satu ini sudah banyak yang kenal. Sekrang ini lamang tidak hanya di buat di Sumatera Barat saja tapi juga di luar Sumatera Barat. Dibuat dari beras ketan atau orang minang menyebutnya dengan pulutdan diberi santa lalu dimasukan ke dalam bambu dan dibakar. Penyuka lamang cukup banyak.

6. Tapai










Tapai biasanya dimakan bersama lamang atau ketupat. Tebuat dari beras ketan yang difermentasikan. Rasanya yang manis-masih asam menjadi ketupat dan lamang semakin enak. Makanan ini cukup mudah ditemukan. Kombinasi lamang dan tapai inilah yang disebut dengan "Lamang Tapai"

7. Lapek Bungih
Lapek bugih yang terkenal adalah lapek bunih dari Pariaman. Makanan ini menjadi makan khas Pariaman. Terbuat dari tepung berasdan santan lalu diisi dengan manisan. Biasanya manisan terbuat dari gula merah yang dicampur dengan kelapa parut dan gula atau kelapa parut, gula dan kacang. Dalam acara-acara tertentu jajanan ini selalu disajikan.

8. Kue Talam













Kue ini sudah jarang ditemukan. Terbuat dari tepung sagu dan tepung beras. Memiliki dua lapisan, yang pertaman lapisan tepung sagu yang berwarna coklat dan terletak di bawah. Yang kedua lapisan tepung beras bewarna putih yang terletak di atas. 

9. Galamai
Jajanan dapat ditemukan hampir diseluruh daerah di Sumatera Barat. Terbuat dari tepung ketan merah yang diolah kurang lebih mirip dengan dodol.


Nah itulah beberapa jajan unik yang dapat ditemukan di Sumatera Barat. Jika ingin mencoba cukup datang ke Sumatera Barat dan jelajahi kulinernya. 😍💏😍💏

0 comments:

Post a Comment